Yang Wajib Dilakukan Setelah Menikah dan Sebelum Hamil

Yang Wajib Dilakukan Setelah Menikah dan Sebelum Hamil

 

romantic-coupleSemua pasangan yang baru menikah pasti memprioritaskan memiliki anak sesegera mungkin. Seorang bayi adalah simbol cinta dalam keluarga. Namun, sebelum berencana akan memiliki bayi dengan pasangan, pastikan anda melakukan beberapa hal penting sebelumnya.

Sebagian besar pria tidak banyak mengetahui berbagai hal mengenai kehamilan dan apa saja yang dilakukan sebagai persiapannya. Begitu juga dengan wanita terutama mereka yang tidak banyak bersinggungan dengan dunia medis. Pengetahuan yang sedikit mengenai persiapan kehamilan menyebabkan mereka tancap gas tanpa pernah mempertimbangkan beberapa efek negatif akibat tindakan tersebut.

Pasangan yang baru menikah selalu tertarik untuk segera memiliki bayi namun banyak diantara mereka tidak peduli dan tidak tahu syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh wanita sebelum hamil.

Satu contoh, hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum memiliki bayi adalah mempersiapkan mental menjadi orangtua dalam rangka memiliki kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat, ada beberapa hal penting yang juga tidak boleh dilupakan sebelum terjadinya pembuahan. Hal-hal penting tersebut akan mengurangi resiko selama kehamilan dan persalinan.

Selain mempersiapkan mental, kondisi fisik juga benar-benar harus stabil begitu juga dengan financial. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 10 hal yang harus dipersiapkan oleh pasangan yang baru saja menikah dan sebelum mereka merencanakan kehamilan.

 

Kunjungan pra-konsepsi

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh pasangan yang baru saja menikah adalah mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik. Ini dilakukan untuk membantu mengidentifikasi berbagai penyakit dan masalah kesuburan jika ada. Karena tidak semua orang memiliki kesehatan yang baik pada saat mereka menikah walaupun berusia muda.

 

Baca Juga:  9 Obat Alami untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit pada Saat Hamil

Tidak menggunakan pil KB

Sebelum anda merencanakan kehamilan, penting untuk diketahui bahwa pil KB harus dihentikan setidaknya dua bulan sebelum anda hamil. Ini dilakukan untuk mengembalikan siklus menstruasi pada kondisi normal terlebih dahulu. Kondisi menstruasi yang sudah normal akan membuat hormon kembali normal sehingga anda pun siap untuk hamil.

 

Asam folat

Sebelum hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat dari berbagai jenis makanan, setidaknya enam hingga tiga bulan sebelum pembuahan. Asam folat sangat dibutuhkan agar kehamilan bisa sehat dan agar memiliki bayi yang sempurna.

 

Kurangi mengendarai sepeda atau motor

Bagi wanita, sering mengendarai sepeda dapat membahayakan dan sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang ingin segera memiliki momongan.

 

Makanan sehat

Pastikan anda mengkonsumsi makanan sehat setiap hari dari sayur-sayuran segar dan buah-buahan segar serta berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian. Hindari semua makanan yang tidak sehat seperti junk food, minuman berenergi, minuman bersoda dan minuman berkafein.

 

Berhenti merokok

Untuk para suami, sangat penting agar mereka menghindari rokok dan berhenti merokok sebelum memiliki anak. Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk juga kelainan pada anak dan kelainan pada kromosom. Selain itu merokok juga menyebabkan sperma berkurang sehingga pria rentan mengalami kemandulan.

 

Berat badan

Setiap wanita yang ingin hamil harus segera menurunkan berat badan pada kondisi normal. Atau apabila mereka kekurangan berat badan, mereka harus melakukannya dengan cara-cara yang sehat.

Berat badan ideal memang bukan syarat mutlak, akan tetapi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehamilan dan untuk menghindari berbagai komplikasi. Ini adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi dan dilakukan setelah menikah serta sebelum memiliki anak.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.