Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Selama Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Selama Musim Hujan

hamil-dan-hujan-2Kehamilan akan berlangsung selama 9 bulan. Tidak perlu diragukan lagi bahwa berbagai perubahan iklim juga dapat mempengaruhi kehamilan. Pada saat wanita hamil, tubuh mereka rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi sehingga harus benar-benar dijaga menjaga kebersihannya baik lingkungan tempat tinggal, tubuhnya, begitu juga dengan makanan dikonsumsi dan gaya hidup yang ia jalani juga harus sehat.

Sambil menjaga perubahan fisiologis maupun fisik, anda juga harus mempertimbangkan perubahan iklim. Dan tentu saja ini tergantung dimana anda tinggal.Di beberapa daerah, cuaca biasanya sangat dingin seperti di daerah Batu dan Malang,atau seperti diBandung dan sekitarnya. Pada musim dingin, cuaca di sini adalah tantangan yang sangat berat bagi wanita hamil.

Selain musim dingin, pada saat hujan tubuh juga rentan terhadap serangan virus maupun bakteri. Bagi wanita hamil, melindungi dirinya dengan mengkonsumsi makanan sehat, secara rutin berolahraga agar tetap bugar, dan menghindari berbagai hal yang bisa menurunkan imun tubuh wajib mereka lakukan.

Kondisi yang dingin pada musim hujan menyebabkan tubuh dan pikiran ikut menjadi lebih dingin. Beberapa penyakit seperti pilek dan flu biasanya juga rentan dialami oleh ibu hamil selama musim hujan.

Untuk bisa survive selama musim hujan, berikut ini adalah beberapa panduan dan tips yang harus dilakukan ibu hamil agar mereka memiliki kehamilan yang tetap sehat.

Tips pertama

Gunakanlah pakaian-pakaian yang tepat terutama pada saat musim hujan dimana cuaca lebih dingin dibandingkan dengan biasanya. Menggunakan pakaian yang sedikit tebal atau menggunakan dua lapis pakaian akan membuat anda lebih hangat. Selalu gunakan jaket apabila anda keluar setelah hujan karena kondisi pada saat itu biasanya akan sangat dingin.

Baca Juga:  9 Tips Membebaskan Diri Dari Stres saat Menjadi Ibu

Bagi anda yang sering berkendara menggunakan sepeda motor, pastikan anda menyediakan jas hujan dan gunakan syal pada malam hari. Pakailah helm yang memiliki penutup di bagian depan dan hindari membuka penutup tersebut terutama pada malam hari karena rasa dingin dapat membuat ibu mudah terkena flu.

Kemudian pada saat tidur, anda bisa melindungi tangan dan kaki anda dengan menggunakan sarung tangan atau kaos kaki.

Tips kedua

Pada saat anda sedikit kedinginan di malam hari, anda bisa membantu melawannya dengan menggunakan minuman hangat seperti, jeruk hangat atau air jahe.Karena, disamping bisa memberikan kehangatan untuk tubuh air jahe maupun air lemon yang panas atau hangat dapat menjadi sumber vitamin, sekaligus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tips ketiga

Pada saat cuaca dingin, kulit cenderung menjadi lebih kering. Untuk melindungi agar kulit tidak gatal-gatal atau mengalami ruam, ada baiknya anda menggunakan lotion dan pastikan lotion tersebut aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Pilihlah body lotion yang mengandung pelembab dan hypoallergenic.

Tips keempat

Selama musim hujan, berbagai penyakit biasanya lebih banyak.Oleh sebab itu, kita harus menjaga agar tubuh tetap prima. Selama musim hujan anda perlu lebih ekstra hati-hati saat bepergian, saat melakukan berbagai aktivitas, begitu juga dengan pilihan makanan yang anda konsumsi. Agar anda bisa terlindungi dari berbagai jenis infeksi, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan sayur brokoli.

Tips kelima

Tips selanjutnya untuk ibu hamil selama musim hujan agar ia tetap sehat adalah dengan memperbanyak minum air putih karena biasanya ibu lebih mudah mengalami dehidrasi dan lebih sering buang air kecil.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.