Tips Mengatasi Bayi Kehilangan Berat Badan Pada Saat Tumbuh Gigi

Tips Mengatasi Bayi Kehilangan Berat Badan Pada Saat Tumbuh Gigi

gigi-susu-bayi-gigisusu-net-lucu-23423sdfsPara orang tua yang sudah memiliki anak pasti tahu bahwa ada gejala-gejala tertentu yang terkadang muncul pada saat gigi anak mulai tumbuh. Salah satunya adalah demam. Ada beberapa bayi yang giginya tumbuh mulai sejak awal, misalnya pada bulan ke-4 dan seterusnya. Namun ada juga bayi yang mengalami tumbuh gigi pada bulan ke-6 atau ke-8. Proses tumbuhnya gigi pada anak-anak hampir semuanya sama. Akan tetapi, yang mempengaruhinya adalah faktor jumlah kalsium yang dikonsumsi sehari-hari.

Anak anda akan mengalami berbagai gejala setiap kali akan tumbuh gigi. Salah satu gejala yang paling sering dialami adalah kehilangan nafsu makan. Jadi, apakah hal tersebut akan berpengaruh dan menyebabkan mereka mengalami masalah dengan berat badan?

Ini merupakan masalah yang sering ditanyakan oleh beberapa ibu-ibu yang khawatir mengenai kesehatan anak mereka. Namun anda tidak perlu khawatir karena ini adalah kondisi normal. Anak yang tumbuh gigi biasanya memang tidak nafsu makan kemudian berat badannya sedikit turun.

Alasan mengapa mereka kehilangan nafsu makan adalah karena rasa tidak nyaman atau rasa sakit yang dialaminya. Selain itu, peradangan pada gusi dan nyeri yang disebabkan oleh tumbuhnya gigi menambah rasa tidak nyaman tersebut. Tekanan dari gigi yang mendorong gusi menyebabkan rasa sakit dan bisa berlangsung selama kurang lebih 4 hingga 5 hari sebelum gigi keluaran dan 3 hari setelah gigi keluar

Agar bayi tidak mengalami penurunan berat badan selama proses tumbuhnya gigi, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda jalani.

Tips pertama

Selama proses tumbuh gigi, tidak ada keraguan bahwa anak-anak pasti akan merasa kesakitan dan enggan untuk mengkonsumsi apapun. Oleh karena itu, anda bisa memberinya beberapa makanan yang tidak menyakitkan atau tidak membutuhkan gusi untuk mengunyah makanan tersebut. Makanan-makanan cair atau yang banyak mengandung air adalah cara menjaga agar berat badan bayi tetap stabil.

Baca Juga:  9 Obat Alami untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit pada Saat Hamil

Tips kedua

Anda bisa memanfaatkan elektrolit pengganti apabila anak mengalami dehidrasi atau enggan makan dan minum. Minuman elektrolit untuk anak bisa membantu menghidrasi mereka dan meningkatkan jumlah natrium. Beberapa minuman yang sangat baik di antaranya adalah air kelapa muda.

Tips ketiga

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa, pada saat tumbuh gigi anak-anak akan merasakan kesakitan di gusi mereka. Untuk mengurangi rasa sakit anda bisa menggunakan obat-obatan seperti Acetaminophen Oral untuk membantu mengendalikan dan mengurangi rasa sakit. Sebelum anda memberikannya kepada anak, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosisnya yang tepat.

Tips keempat

Untuk bisa mengatasi anak yang malas makan pada saat mengalami tumbuh gigi, anda bisa memanfaatkan minuman yang mengandung kalori tinggi. Minuman yang banyak mengandung kalori akan membantu menghindarkan anak dari demam dan kekurangan gizi. Selain itu, minuman yang tinggi kalori juga akan menghindarkan anak dari kelaparan.

Tips kelima

Selain memberikan anak makanan-makanan yang lunak agar mudah dikunyah, anda juga bisa memberikan makanan-makanan dingin berupa buah-buahan atau yogurt. Makanan tersebut (lunak dan dingin) bisa membantu mengatasi ketidaknyamanan pada saat anak tumbuh gigi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.