Tips Mengabaikan Tekanan Selama Kehamilan dari Teman

Tips Mengabaikan Tekanan Selama Kehamilan dari Teman

hamil-2Segera setelah anda memberitahukan semua orang termasuk teman-teman anda mengenai kehamilan, ada banyak pendapat dan saran yang akan memberi tanda mulai dari orang tua, mertua, teman, kolega dan bahkan orang-orang asing yang ada di sekitar anda. Berbagai saran tersebut terkadang ada yang berlawanan hingga membuat anda merasa cemas. Beberapa teman kerja di kantor misalnya kemungkinan saja akan banyak membantu dan memberikan saran, terlebih bagi mereka yang sudah pernah hamil.

Bila anda sedang hamil, berbagai bimbingan tidak akan pernah berakhir dan akan terus berlanjut. Orang-orang di sekitar anda akan mencoba memberikan yang terbaik untuk anda mulai dari mengatur makanan, menyarankan anda mengkonsumsi sesuatu dan menghindari sesuatu dan lain-lain.

Disamping manfaatnya yang sangat banyak, beberapa efek negatif juga terkadang muncul dari orang-orang di sekitar kita. Ini bukan mengenai kesopanan dan ketidaksopanan akan tetapi terkadang setiap kehamilan memiliki gejala yang berbeda-beda dan setiap wanita memiliki tubuh dengan kemampuan dan kekuatan yang berbeda juga. Sehingga, anda harus pandai-pandai memfilter mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Nikmati kehamilan anda

Setelah anda dan pasangan memutuskan untuk memiliki bayi, maka keputusan tersebut harus dijalankan dengan baik. Anda bisa mengabaikan berbagai komentar mengenai kehamilan anda dan cobalah untuk menikmatinya serta berikan waktu kepada diri anda untuk bergembira.

Ini adalah salah satu cara terbaik dalam menghindari stres dan tekanan selama kehamilan.

Ukuran perut

Setelah hamil 5-6 bulan, kemungkinan besar perut anda akan mulai terlihat besar. Akan tetapi seperti yang kita tahu bahwa setiap orang yang kita temui pasti akan memberikan komentar yang terkadang masuk akal namun terkadang juga tidak masuk akal mengenai ukuran perut. Selamat anda melakukan check-up dengan teratur dan mengetahui kondisi bayi dalam kandungan, anda tidak perlu memperhatikan apa saja komentar mereka.

Baca Juga:  Beberapa perlengkapan wajib yang harus dimiliki anak ketika musim hujan datang

Makanlah sesuai saran dokter

Ada banyak orang di sekitar anda yang mungkin akan mengatur makanan yang anda pilih. Akan tetapi, tetaplah berpegang teguh pada apa yang dianjurkan oleh dokter atau ahli gizi yang anda temui di pusat pelayanan kesehatan seperti puskesmas, posyandu atau apa yang dianjurkan oleh dokter kandungan.

Karena sering kali, beberapa mitos menyebabkan anda tidak bisa mengkonsumsi makanan tertentu. Padahal, makanan tersebut sangat baik untuk anda dan bayi.

Posisi tidur

Orang-orang di sekitar anda termasuk teman-teman anda juga akan berkomentar mengenai posisi tidur yang harus anda terapkan pada saat hamil mulai dari, dilarang terlentang, harus menggunakan bantal kehamilan dan lain-lain. Apabila anda mengalami masalah tersebut anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan, dan ingat, carilah posisi tidur yang paling nyaman untuk anda dan paling aman untuk bayi.

Latihan selama kehamilan

Banyak juga teman-teman yang akan menekan anda dan menganjurkan anda untuk melakukan berbagai latihan termasuk yoga. Tapi, anda harus tetap mendengarkan profesional kesehatan karena mereka lebih tahu apakah kehamilan anda beresiko rendah atau beresiko tinggi.

Pakaian bersalin

Bagi anda yang hidup di sekitar orang-orang modis, mungkin pakaian bersalin bisa menjadi masalah terlebih jika anda pergi ke kantor. Anda kemungkinan besar akan dianjurkan menggunakan pakaian-pakaian dari desainer tertentu yang aneh-aneh dan tidak cocok. Untuk mengatasi masalah ini dengarkan kata hati anda dan gunakanlah pakaian yang paling nyaman, menyerap keringat dan longgar.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.