Tips dan Cara Mencegah BAB Saat Bersalin

Pada saat kita (wanita) melahirkan, yang kita inginkan untuk keluar dari tubuh kita yang pasti ada seorang anak. Akan tetapi, terkadang ada saja peluang yang menciptakan momen memalukan seperti BAB saat melahirkan. Walaupun sebenarnya hal tersebut sangat wajar dimana saat kita aktif melakukan dorongan, terkadang kotoran tersebut bisa keluar tanpa bisa ditahan. Ini adalah tanda bahwa anda sudah mendorong dengan benar dan baik.

daging

Pada umumnya, apabila kita memiliki persiapan sebelum melahirkan seperti membersihkan sistem pencernaan dengan BAB terlebih dahulu, mungkin saja hal tersebut tidak akan terjadi.

Apabila anda berada di rumah sakit bersalin atau di rumah sakit umum, perawat biasanya akan memberikan enema selama tahap persiapan. Akan tetapi, dalam banyak kasus persalinan normal, tidak ada waktu untuk mempersiapkan diri dan memikirkan hal tersebut. Sehingga BAB pada saat persalinan terkadang sulit untuk dihindari. Akan tetapi, apabila anda lebih bijaksana dalam mengambil beberapa langkah persiapan untuk menghadapi situasi tersebut, kemungkinan anda bisa mencegah kejadian memalukan tersebut. Berikut adalah beberapa tips cara mencegah BAB saat bersalin.

Kosongkan isi perut

Jika anda merasakan kontraksi, tidak ada salahnya untuk BAB terlebih dahulu saat ada kesempatan. Dengan mengosongkan isi perut, kemungkinan untuk melakukan buang air besar saat persalinan sangat kecil.

Makan daging

Jika anda adalah seorang vegetarian yang hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, kemungkinan besar untuk BAB saat persalinan sangat besar. Sedangkan jika anda bukan seorang vegetarian, anda bisa membantu mengeraskan tinja dengan mengkonsumsi beberapa daging. Dan ini akan membantu anda menghindari diri dari momen memalukan tersebut.

Hindari makanan pembuat gas

Ini juga merupakan salah satu tips yang baik untuk menghindari buang air besar saat persalinan dengan menghindari makanan-makanan yang dapat menciptakan gas di perut. Biasanya gas di dalam usus akan menyebabkan tinja menjadi sedikit encer dan yang pasti akan membuat kita kesulitan menahannya.

Baca Juga:  5 Perubahan Besar Saat Hamil yang Harus Anda Tahu

Berpuasa

Tips selanjutnya untuk menghindarkan diri dari momen memalukan tersebut adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak jika anda merasa waktu persalinan sudah dekat. Setidaknya anda harus berpuasa selama 8 jam jika tidak ingin BAB saat melahirkan.

Mengenal enema

Enema biasanya diberikan kepada wanita hamil saat memasuki fase melahirkan. Setelah menerima enema, mereka akan merasa harus pergi ke toilet. Namun setelah itu, semuanya akan terkendali. Enema atau pencahar tersebut biasanya dapat membantu kita mengosongkan isi perut dan secara efektif menghindarkan kita dari buang air besar saat bersalin. Namun sekali lagi, buang air besar saat bersalin memang terkadang tidak bisa dicegah mengingat persiapan kita juga tidak banyak dan hanya sedikit wanita yang memikirkan hal tersebut.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.