Tips Cara Memperbanyak ASI secara Alami

cara-memperbanyak-asi
Cara Memperbanyak ASI secara Alami –
untuk Bunda yang sedang menyusui ada berbagai cara. Sebagai ibu yang sedang dalam masa menyusui, tentunya sangat menginginkan kualitas ASI nya baik, tidak hanya sedikit saja melainkan banyak. Ada beberapa cara untuk memperbanyak ASI yaitu:

1 Pijitan – Adalah dengan melakukan pijatan lembut pada payudara dan puting susu ibu. Pada trisemester pertama ini sebaiknya ibu melakukan pijatan guna membersihkan puting susu agar ASI lancar. Cara memijatnya, bisa dengan bantuan minyak baby oil sebelum mandi. Bersihkan sambil memilih puting, dan memijat payudaya berlawanan dengan arah jarum jam.

Cara Memperbanyak ASI secara Alami Dengan Rutin Menyusui

Cara Memperbanyak ASI secara Alami yang kedua adalah rutin menyusui bayi setiap kali ia membutuhkan. Ibu bisa menyusui bayi sekitar 2 sampai 3 jam hingga bayi merasa kenyang.  Produksi ASI ini akan senantiasa memproduksi ASI sesuai dengan jumlah ASI yang telah di keluarkan. Semakin banyak ASI yang dikeluarkan, maka sebanyak itu pula ASI akan memproduksi jumlah ASI.

Cara yang ketiga adalah memompa payudara agar ASI keluar. Tujuan dari memompa ini, merupakan cara memperbanyak ASI kembali dengan memberi rangsangan dan menstimulasi ASI payudara. Teknik memompa payudara agar keluar ini akan mengeluarkan ASI yang tidak dihabiskan bayi, sehingga otak akan memerintahkan tubuh memproduksi kembali ASI .

Cara Memperbanyak ASI secara Alami Skin To Skin Contact

Cara Memperbanyak ASI secara Alami yang keempat adalah dengan memberikan ASI dengan cara skin to skin, atau dengan sentuhan kulit secara langsung ibu ke bayinya. Kedekatan emosi antara ibu dan anak karena sentuhan kontak fisik secara langsung, akan membuat otak memerintahkan tubuh memproduksi ASI lebih banyak.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Bayi Kehilangan Berat Badan Pada Saat Tumbuh Gigi

Apabila payudara bunda mulai mengeras, otomatis bayi akan kesulitan menghisapnya. Ambilah handuk hangat dan kompreslah payudara ibu, pijatlah perlahan agar payudara kembali melunak. Cara ini cukup baik agar ASI keluar dengan lancar.

Cara memperbanyak ASI yang sudah sedikit selanjutnya adalah dengan makan makanan yang dapat memperlancar produksi ASI. Salah satu makanan yang populer untuk memperlancar produksi ASI adalah buah Pare.

Anda bisa mengolah buah Pare menjadi sup, atau jus. Dilalap mentah juga tidak apa-apa. Jika ibu tidak suka rasanya, bisa di campurkan dengan aneka buah yang manis sehabis memakannya. Buah seperti pepaya, daun katuk wortel, bayam dan havermouth adalah beberapa menu makanan yang bisa bunda konsumsi sebagai cara memperbanyak ASI secara alami

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.