Tanda Tanda Bayi Alergi Susu Sapi dan Penanggulangannya


Tanda Tanda Bayi Alergi Susu Sapi – S
ebaiknya bunda ketahui untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada si kecil. Ketika sang buah hati di beri susu formula yang sebagian besar berasal dari susu sapi, untuk beberapa kasus bayi akan mengalami alergi terhadap susu sapi. Untuk itu Bunda harus lebih cermat memilih susu formula yang baik untuk balita dan jika sudah terjadi reaksi alergi sebaiknya tidak meneruskan mengkonsumsi susu ini.

Apa saja tanda tanda bayi alergi susu formula ini yaitu kita akan membahas dalam artikel ini.

Penyebab Dan Tanda Tanda Bayi Alergi Susu Sapi

Sebelum mengetahui tanda tanda bayi alergi susu sapi ada baiknya mengetahui apa yang menyebabkan reaksi alergi bayi pada susu sapi. Ketika mengkonsumsi susu ini sistem kekebalan atau sistem imun si kecil keliru dalam menilai, bahwa ia menyangka susu ini merupakan sesuatu yang dapat membahayakan tubuh.

Reaksi dalam melawan inilah, akhirnya memicu reaksi alergi pada bayi. Akibatnya balita akan rewel, menjadi gelisah disertai timbulnya gejala-gejala lainnya. Dalam beberapa kasus, apabila sang balita alergi terhadap susu formula dari susu sapi, biasanya akan alergi pula pada susu domba dan kambing.

Gejala Langsung Dan Tidak Langsung Tanda Tanda Bayi Alergi Susu Sapi

Tanda tanda bayi alergi susu sapi ini diantaranya yaitu :
(1) bayi akan sering rewel dan gelisah, si kecil akan sering menangis karena disebabkan rasa tidak nyaman dari alergi ini.

(2) muntah,

(3) kulit terdapat ruam atau terlihat bercak-bercak merah pada kulit balita

(4) Feses balita cair, biasanya pula disertai dengan darah.
Gejala alergi susu sapi pada bayi yang satu ini timbul biasanya secara tidak langsung yaitu pada beberapa bulan pertama umur bayi akan muncul. Gejala ini baru terlihat ketika 7 hingga 10 hari mengkonsumsi susu, atau bisa juga ketika baru meminumnya muncul tanda-tanda alergi tersebut.

Baca Juga:  Cara Ampuh Mengatasi Flu pada Bayi

Baca Juga : Cara Mengatasi Muntah/Gumoh pada Bayi

Jika Bunda mendapati tanda tanda bayi alergi susu sapi seperti ini sebaiknya segera menghentikan pengkonsumsian dari susu sapi ini. Segeralah memeriksakan & Mengkonsultasikan si kecil pada dokter Spesialis Anak dan tanyakan tentang kondisi si kecil agar mendapat penanganan langsung terhadap reaksi ini.

Biasanya dokter akan memeriksa kesehatan si kecil, hingga akan dilakukan pemeriksaan lab jika di perlukan. Biasanya dokter akan meminta menghentikan mengkonsumsi susu ini, kemudian di minta untuk meminumnya kembali untuk melihat hasil reaksi setelahnya. Itulah beberapa tanda tanda bayi alergi susu sapi yang perlu bunda perhatikan untuk kesehatan si kecil.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.