Penyebab Menurunnya Libido Selama Kehamilan

hamiilBeberapa wanita hamil biasanya mengalami kenaikan libido karena perubahan yang terjadi pada diri mereka, mulai dari perubahan payudara yang lebih sensitif dan banyaknya aliran darah yang mengalir pada daerah kewanitaan. Namun, dan tidak sedikit juga yang mengalami hal sebaliknya yaitu penurunan libido selama kehamilan.

Jika anda sering mendengar bahwa teman-teman anda mengalami peningkatan nafsu seksual pada saat hamil, dan justru terbalik pada anda, anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut karena ini merupakan kondisi normal dimana wanita hamil bisa mengalami kenaikan libido maupun penurunan.

Kurangnya keintiman selama kehamilan dapat berdampak tidak baik pada hubungan anda dan pasangan. Hal tersebut bisa dikarenakan kekhawatiran ibu mengenai kehamilannya dan lain-lain. Anda harus tahu bahwa setengah dari dorongan seksual disebabkan oleh psikologis dan ini merupakan akar penyebab mengapa libido seseorang terkadang sangat rendah pada saat hamil, karena mereka lebih mencemaskan bayi di dalam kandungan dibandingkan dengan menikmati hubungan seksual.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa alasan yang masuk akal mengenai mengapa wanita mengalami penurunan libido selama kehamilan.

Hormon yang naik turun

Terkadang anda akan merasakan lonjakan hormon yang tiba-tiba sehingga membuat mood anda berubah. Pada beberapa wanita, hormon kehamilan dapat menyebabkan gairah seks mereka meningkat. Namun pada beberapa wanita yang lainnya terkadang justru sebaliknya. Jadi, sebenarnya anda tidak bisa membandingkan antara diri anda dengan orang lain karena setiap orang memiliki psikologi yang berbeda-beda.

Rasa cemas

Tidak hanya ibu yang mengkhawatirkan kondisi dan keselamatan bayi dalam rahimnya jika melakukan hubungan seksual, namun kondisi tersebut juga biasanya dialami oleh seorang ayah. Kekawatiran akan keselamatan bayi itulah yang menyebabkan hubungan seksual tidak lagi menarik bagi sebagian pasangan.

Baca Juga:  Apa yang Ibu Idamkan saat Hamil Anak Perempuan?

Kering selama kehamilan

Hormon sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh seorang wanita pada saat hamil. Disamping memberikan banyak perubahan, seperti menyebabkan payudara membesar dan sensitif, menyebabkan tulang selangka melemah, menyebabkan naik turunnya mood dan lain-lain. Hormon juga menyebabkan daerah kewanitaan biasanya mengering.

Keringnya daerah kewanitaan tersebut dapat mengganggu kenyamanan saat berhubungan seksual sehingga anda tidak merasa percaya diri atau menjadi kurang bergairah. Dalam kebanyakan kasus, hal tersebut menyebabkan wanita merasa cemas dan tidak ingin melakukan hubungan seksual. Faktor penyebab dibalik hal tersebut adalah perasaan yang dialami oleh wanita dimana mereka cenderung merasa tidak seksi. Sehingga, apabila wanita tidak benar-benar basah, mereka cenderung mengalami penurunan libido.

Gejala kehamilan

Selain itu, berbagai gejala kehamilan yang dialami oleh wanita seperti mual dan muntah, pusing atau sakit kepala, nyeri dan lain-lain menyebabkan mereka enggan melakukan hubungan seksual pada saat tersebut. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan menurunnya libido selama kehamilan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.