Penyebab Kemandulan dan Makanan Sehat untuk Obatnya

Penyebab Kemandulan dan Makanan Sehat untuk Obatnya-Kemandulan sudah menjadi masalah umum saat ini. Tidak hanya pada wanita, namun juga sering dialami oleh pria. Kesuburan perempuan bisa menurun dengan drastis seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, ada beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi dan membuat kemandulan datang lebih awal.

penyebab-kemandulan-pada-wanita

Seorang wanita dianggap subur bila yang mampu hamil setelah 1 tahun mencoba. Studi menunjukkan bahwa 27,5% wanita menderita infertilitas atau ketidak suburan.

Saat ini, pasangan banyak menghadapi masalah. Saat ingin hamil karena seringkali mengalami stres, menjalani gaya hidup yang salah, serta kurang menjaga kesehatan. Penyebab lainnya adalah ketidak seimbangan hormon, obesitas, masalah di rahim, serta jika ada penyumbatan atau kerusakan pada saluran tuba, kemudian ovarium polikistik, dan lain-lain.

Perempuan juga ada yang mengalami menopause dini pada usia 40 tahun atau 45 tahun. Menopause merupakan kondisi dimana seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi dan ovulasi yang disebabkan oleh penurunan tingkat hormon.

Beberapa penyebab kemandulan yang telah disebutkan diatas sebenarnya masih bisa diatasi atau disembuhkan dengan beberapa cara sehingga setiap wanita masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembuahan dan hamil.

A.      Penyebab infertilitas pada wanita

Kebanyakan wanita tidak mengetahui bahwa stres dan rasa cemas yang berlebihan merupakan salah satu penyebab kemandulan. Penyebab lain bisa karena masalah hormon yang tidak seimbang, usia, misalnya berada pada usia 35 tahun ke atas, obesitas, masalah pada rahim, atau jika ada penyumbatan di saluran tuba ovarium polikistik dan lain-lain, semua itu membutuhkan diagnosa dan pengobatan dari dokter.

B.      Kekurangan gizi

Penyebab lain kemandulan adalah kekurangan gizi. Ibu yang mengalami anemia, kekurangan vitamin dan mineral biasanya sulit untuk hamil.

Baca Juga:  9 Produk yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

C.     Makanan dan minuman yang harus dihindari

Beberapa makanan olahan, makanan yang menggunakan banyak gula, kafein, merokok, mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi makanan-makanan berminyak, semua itu sangat tidak dianjurkan dan dapat menyebabkan kemandulan. Jadi, mulailah beralih ke sayuran yang segar, buah-buahan dan makanan berserat tinggi.

D.     Berat badan

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, namun berat badan juga dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk hamil. Dan juga bisa hamil, mereka rentan mengalami berbagai komplikasi.

Kelebihan lemak di dalam rahim dan ovarium dapat menyebabkan masalah selama kehamilan. Oleh sebab itu, diajarkan kepada setiap wanita untuk menurunkan berat badan sebelum hamil.

E.     Kekurangan vitamin dan mineral

Secara khusus, kekurangan zink, zat besi, asam folat,Vitamin B kompleks, dan asam lemak esensial berpotensi menyebabkan wanita sulit hamil.

F.      Asam lemak esensial

Agar lebih mudah hamil, ibu dianjurkan mengkonsumsi banyak asam lemak omega-3 yang bersumber dari ikan, atau minyak ikan serta biji rami. Ini adalah salah satu obat untuk mengatasi kemandulan. Asam lemak omega-3 bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi dan meningkatkan ovulasi.

G.     Vitamin B12

Seorang wanita yang kekurangan Vitamin B12 juga bisa mengalami infertilitas atau kemandulan karena ini merupakan vitamin yang dapat membantu menyeimbangkan hormon serta membantu menyerap nutrisi lainnya.

Apabila anda kesulitan menemukan waktu ovulasi, atau memiliki menstruasi yang tidak teratur, konsumsilah makanan makanan yang banyak mengandung vitamin B12 untuk mengurangi gejala tersebut. Secara khusus vitamin B12 dapat menormalkan kadar estrogen dan membantu implantasi telur yang telah dibuahi.

Beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin B12 antara lain, ayam, sapi, ikan, dan telur.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.