Penyebab dan Cara Mengatasi Bengkak Pada Payudara Ketika Menyusui

Cara Mengatasi Bengkak Pada Payudara Ketika Menyusui – adalah suatu kejadian dimana ketika payudara ibu bengkak atau istilah dalam kedokteran adalah masittis. Masitis ini adalah pembengkakan pada payudara yang disertai dengan rasa sakit pada payudara, terutama pada saat menyusui. Hal yang seperti ini biasanya terjadi kepada ibu yang tidak segera memberikan susu ASI kepada si bayi sehingga produksi ASI terus berlangsung, dan menyebabka payudara terasa ‘penuh’. Cara mengatasi dan Penyebab lainnya dari masitis ini adalah;

Cara Mengatasi Bengkak Pada Payudara Ketika Menyusui Dan penyebabnya

Pertama bayi yang tidak mau menyusu. Hal ini bisa terjadi karena ASI yang keluar terlalu deras sehingga membuat bayi menajdi gelagapan. Kedua adalah ibu tidak teratur memberikan ASI, karena bekerja sehingga ada jarak ketika ibu tidak segera mengeluarkan ASI, puting ibu terluka sehingga enggan menyusui.

Jika ASI tidak segera diberikan atau dikeluarkan dapat mengakibatkan terjadinya Masitis, yaitu penggumpalan ASI dalam kelenjar susu. Penggumpalan yang menyumbat ini akan membuat volume ASI keluar menjadi sedikit, akibatnya desakan tersebut yang menyebabkan rasa nyeri pada payudara. Cara Mengatasi Bengkak Pada Payudara Ketika Menyusui adalah;

Pencegahan dan Cara Mengatasi Bengkak Pada Payudara Ketika Menyusui

Cara Mengatasi Bengkak Pada Payudara Ketika Menyusui yaitu;

(1) Susui bayi bunda sesegera mungkin. Payudara yang terasa penuh lebih baik langsung diberikan kepada bayi bunda agar tetap lancar. Jika si balita anda belum lapar, bisa pula dikeluarkan dengan di pompa dengan alat pompa khusus.

(2) Menjaga kebersihan payudara ibu, jangan biarkan puting ibu selalau lembab untuk menghindarkan puting dari perkembangan kuman karena area puting yang lembab.

(3) Hindari mencuci puting dengan sabun. Sebab sabun akan membuat puting kering dan mudah lecet atau iritasi.

Baca Juga:  6 Cara Mudah dan Sederhana untuk Mengubah Posisi Bayi yang Sungsang

(4) Menggunakan Bra yang khusus untuk menyusui, gantilah sesegera mungkin.

Selain cara mengatasi susu bengkak saat menyusui di atas, jika sudah bengkak, bunda bisa menggunakan terapi ultrasonografi. Cara yang kedua adalah dengan Lesitin, atau suplemen makanan yang bisa membantu ibu untuk mengatasi masalah Masitis.

Lasitin ini akan menurunkan ASI yang kental yaitu Lesitin ini meningkatkan kandungan asam lemak tak jenuh pada ASI bunda. Lalu mengkompresnya dengan irisan kentang. Jangan lupa untuk membuang kentang ini jika sudah di gunakan. Jika masitis terlihat lebih parah disertai dengan luka atau lecet yang parah cara Mengatasi Bengkak Pada Payudara Ketika Menyusui sebaiknya periksa ke dokter ahli bunda.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.