Pentingnya Trisemester Pertama Kehamilan

Pentingnya Trisemester Pertama Kehamilan-Salah satu pertanyaan yang paling umum diajukan oleh wanita hamil adalah, mengapa 3 bulan pertama kehamilan sangat penting? Kehamilan adalah sesuatu yang istimewa dan sekaligus sesuatu yang menyebabkan wanita sebagian besar merasa gelisah. Kegelisahan ini bisa disebabkan karena perasaan mual yang konstan, pusing, dan berbagai gejala kehamilan lainnya yang sering terjadi pada trisemester pertama.

ibu-hamil-140204b

Pada trisemester pertama, bayi atau janin akan memiliki kehidupan yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan trisemester kedua dan ketiga. Pada tiga bulan pertama ini, mereka akan mengembangkan organ jantung dan organ-organ utama lainnya seperti otak serta anggota tubuh. Jari-jari kaki dan rambut juga akan mulai terlihat pada trisemester tersebut. Pada periode ini, resiko keguguran sangat besar sehingga kehamilan yang anda jalani harus mendapatkan perhatian khusus.

Perlu anda ketahui, periode 3 bulan pertama kehamilan sangat penting untuk perkembangan dasar janin yang sehat sehingga banyak dibahas dan harus diperhatikan dengan lebih baik.

Kurang lebih sama seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa trisemester kehamilan pertama sangat penting.

A.      Organ jantung

Organ yang pertama kali kita dengar dalam kunjungan ke dokter atau bidan untuk USG adalah jantung janin. Ukuran janin juga sangat penting untuk mengetahui dan menentukan apakah ada cacat jantung atau tidak.

B.       Otak

Pada trimester pertama kehamilan otak juga mulai berkembang dan tumbuh. Ini merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling penting sehingga harus benar-benar dijaga agar pertumbuhannya sempurna. Pada trisemester pertama, perkembangan otak harus dibantu dengan makanan yang banyak mengandung asam folat beserta zat besi.

C.      Tungkai

Perkembangan penting berikutnya adalah pembentukan badan kecil yang akan mendapatkan otot dan bobot pada trisemester kedua dan ketiga. Beberapa anggota badan seperti jari-jari kaki, kaki dan lain-lain termasuk juga pertumbuhan kukunya harus benar-benar sempurna.

Baca Juga:  7 Cara Kreatif Memberitahu Kehamilan pada Suami

D.      Perkembangan lainnya

Perkembangan yang lebih rinci dan terjadi pada bayi selama trisemester pertama kehamilan diantaranya adalah mulai tumbuhnya rambut dan tunas gigi. Ini adalah fase dimana seorang ibu juga harus mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D.

Khusus untuk wanita hamil

Pada trisemester pertama, wanita hamil akan melalui beberapa perubahan emosional dan fisik yang sangat mendadak sehingga menyebabkan tubuh mereka sering merasa lelah dan emosi yang naik turun. Ada beberapa hormon yang dapat menyebabkan mereka mudah marah, mual, mengalami morning sickness dan lain-lain. Selain itu, payudara yang mengembang dan suasana hati yang naik turun menyebabkan ibu dalam kesulitan terlebih jika ini adalah pengalaman pertama mereka.

Beberapa wanita lain terkadang mengalami sembelit ekstrim dan terkadang ada juga yang mengalami diare atau mencret. Dan yang paling penting, selama trisemester pertama kehamilan, setiap ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi obat-obatan apapun karena dapat menyebabkan berbagai efek atau kelainan pada bayi.

Apabila bayi sudah sempurna pada trisemester pertama, kemungkinan mereka akan tumbuh dengan baik pada trisemester kedua dan ketiga juga lebih besar.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.