Pengaruh Hormon Tiroid Selama Kehamilan

Pengaruh Hormon Tiroid Selama Kehamilan

ibu-hamil-tidurKehamilan adalah periode atau waktu dimana berbagai penyakit bisa menjadi lebih parah dibandingkan dengan biasanya. Hal tersebut karena imun tubuh mengalami penurunan disebabkan imun tubuh harus menjaga tubuh ibu serta bayi di dalam kandungan.

Beberapa gejala kehamilan seperti bengkak pada kaki, mual, pusing, sakit kepala, sakit punggung dan lain-lain semua bisa anda alami pada saat hamil. Masalah-masalah tersebut terkadang terbatas hanya untuk ibu hamil saja dan tidak sampai mempengaruhi bayi. Akan tetapi ada beberapa masalah kesehatan pada ibu yang bisa mempengaruhi bayi di dalam kandungan. Situasi tersebut bisa sangat serius dan berbahaya apabila tidak ditangani segera.

Salah satu penyakit yang berbahaya untuk janin adalah penyakit tiroid. Baik kelebihan hormon tiroid atau kekurangan hormon tiroid, keduanya dapat mempengaruhi bayi dengan cara yang negatif.

Jika anda sudah memiliki masalah tiroid sebelum hamil dan tidak ditangani, maka kemungkinan besar intensitasnya selama kehamilan akan meningkat. Beberapa wanita juga mengalami beberapa masalah dengan tiroid pada saat hamil. Oleh sebab itu, sebelum hamil dan pada saat hamil sangat dianjurkan kepada setiap wanita untuk mengecek kondisi terakhir mereka.

Tiroid pada dasarnya adalah kelenjar endokrin yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. Kelebihan hormon tiroid biasanya disebut hipertiroidisme dan kekurangan hormon tiroid disebut hipotiroidisme, keduanya bisa membahayakan janin.

Berikut adalah beberapa efek hormon tiroid selama kehamilan.

Menyebabkan keguguran

Pengaruh hormon tiroid yang pertama apabila anda memiliki tiroid yang tinggi di dalam darah, terutama pada trisemester pertama kehamilan, resiko keguguran akan meningkat. Akan tetapi, apabila bisa terdeteksi lebih awal sehingga membuat anda sempat mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang tepat, resiko tersebut bisa ditekan dan diminimalisir.

Baca Juga:  Penyebab Perut Keras Selama Kehamilan

Menyebabkan masalah neurologis

Kekurangan hormon tiroid atau hipotiroidisme dapat menyebabkan masalah pada perkembangan mental bayi. Jika masalah ini tidak ditangani, kemungkinan besar anda bisa melahirkan bayi cacat mental atau yang tingkat IQ-nya sangat rendah.

Preeklamsia

Masalah lain yang bisa ditimbulkan apabila kita memiliki kelainan hormon tiroid hal tersebut dapat menyebabkan pre eklamsia yang juga berarti tekanan darah tinggi selama kehamilan. Kondisi tersebut bisa berdampak pada janin dengan cara negatif dan menyebabkan plasenta bermasalah. Pada kasus-kasus tertentu, masalah tiroid dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Kerusakan tiroid pada bayi

Apabila diobati selama kehamilan, penyakit tiroid tersebut mungkin saja bisa ditekan.Akan tetapi, berbagai jenis obat-obatan yang mengandung yodium radioaktif bisa mempengaruhi bayi. Obat-obat tersebut bisa merusak kelenjar tiroid bayi dan menyebabkan berbagai masalah. Jadi, apabila anda diresepkan obat oleh dokter, hal tersebut sudah pasti akan membawa efek negatif pada anak anda di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, ada baiknya anda melakukan pengecekan atau pemeriksaan terlebih dahulu sebelum hamil apabila terdapat masalah dengan kelenjar tiroid, anda bisa mengobatinya terlebih dahulu sebelum hamil.

Bagi mereka yang kekurangan hormon tiroid dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium. Sedangkan mereka yang kelebihan hormon tiroid dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan-makanan asin.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.