Obat untuk Keputihan Selama Kehamilan

Obat untuk Keputihan Selama Kehamilan- Jika anda bertanya, apakah ada obat untuk keputihan selama kehamilan? Maka jawabannya sudah tentu ada. Kehamilan merupakan salah satu tahap dari kehidupan wanita yang penuh gejolak dan tantangan selain itu ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuhnya perubahan-perubahan tersebut dikarenakan oleh hormon, suasana hati, dan perubahan yang terjadi secara fisik untuk mempersiapkan tempat bagi bayi di dalam kandungan.

085353_pregnantdrink

Memang agak sulit untuk mengikuti semua perubahan yang terjadi, namun setiap wanita biasanya akan berhasil melewatinya dengan sukses. Namun, pastikan bahwa semua perubahan berjalan dengan normal dan dalam batas-batas yang ditentukan oleh dunia medis.

Salah satu perubahan yang mungkin saja terjadi adalah meningkatnya cairan vagina. Ada obat tertentu untuk keputihan selama kehamilan yang sering dialami oleh kebanyakan wanita. Peningkatan jumlah cairan keputihan pada wanita adalah sesuatu yang normal karena hal tersebut berkaitan erat dengan kadar estrogen dan meningkatnya aliran darah ke daerah vagina.

Saat kehamilan berlanjut, debit keputihan bisa meningkat dan dapat menyebabkan rasa khawatir. Apabila anda menemukan beberapa kondisi seperti, apabila keputihan berubah warna menjadi abu-abu atau berubah menjadi warna hijau dan kuning, serta diikuti rasa gatal, kemudian apabila anda melakukan hubungan seksual terasa menyakitkan dan disertai dengan keluarnya darah, maka hal tersebut harus segera ditangani.

Walaupun ada banyak pengobatan yang akan diberikan oleh dokter, namun pengobatan rumahan bisa menjadi salah satu solusi tepat. Berikut adalah beberapa tips mengobati keputihan selama kehamilan.

A.      Menjaga kebersihan

Ini merupakan hal yang sangat mendasar dan harus dijaga oleh setiap wanita. Selama kehamilan, kebersihan daerah vagina harus lebih baik dibandingkan sebelumnya untuk mencegah dan menghindari berbagai jenis infeksi. Cuci kelamin anda dengan sabun ringan tapi jangan menggunakan yang beraroma.Sekalah dengan Menggunakan handuk yang lembut dan bersih, serta cucilah haduk tersebut setiap 2 hari sekali.Pastikan anda mencuci daerah genital dari arah depan ke belakang untuk menghindari infeksi.

Baca Juga:  Penyebab Kram dan Gejalanya saat Hamil

B.       Hindari makanan yang digoreng dan pedas

Apabila anda mengalami keputihan selama kehamilan, sebaiknya hindarilah makanan-makanan yang digoreng atau makanan yang pedas karena bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan serta menyebabkan rasa tidak nyaman atau sakit perut. Makanan pedas bisa menyebabkan iritasi dan gangguan pencernaan serta dapat juga memberikan masalah pada bayi.

C.      Konsumsi makanan segar

Setiap ibu harus mengkonsumsi makanan-makanan segar untuk menjaga kesehatan dan mencukupi jumlah asupan nutrisi. Dalam rangka menjaga usus agar tetap sehat dan sistem pencernaan agar tetap lancar, makanan-makanan seperti buah-buahan segar dan sayuran sebaiknya tidak ditinggalkan dan selalu dikonsumsi setiap hari.

D.      Gunakan celana dalam berbahan cotton

Pada saat hamil bukan waktunya menggunakan pakaian-pakaian mewah atau lingerie yang aneh-aneh. Anda harus membuat diri anda senyaman mungkin dan gunakanlah pakaian-pakaian berbahan katun yang nyaman serta mudah menyerap kelembaban.

E.       Gunakan pakaian longgar dan nyaman

Pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan infeksi pada vagina. Oleh sebab itu, gunakanlah pakaian-pakaian longgar yang nyaman anda kenakan serta tidak membuat anda sering berkeringat.

F.       Konsumsi air putih

Cara lain untuk mengobati keputihan selama kehamilan atau mencegahnya agar tidak menjadi parah adalah dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup. Dengan cairan yang cukup, tubuh anda akan bekerja lebih baik dalam mengontrol infeksi vagina.

G.      Konsumsi yoghurt

Makanan yang banyak mengandung bakteri baik ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin untuk menghindarkan anda dari infeksi internal.Yoghurt merupakan makanan probiotik yang mengandung banyak bakteri baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah infeksi. Sehingga, makanan ini sangat baik untuk menghindari ibu hamil dari keputihan dan berbagai masalah lainnya seperti sembelit.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.