Obat Rumah untuk Mengatasi Hipotiroidisme pada Saat Hamil

Obat Rumah untuk Mengatasi Hipotiroidisme pada Saat Hamil- Banyak orang tidak mengetahui bagaimana cara menangani penyakit hipotiroidisme.terutama pada saat hamil karena ibu hamil biasanya dilarang mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan yang dapat membahayakan janin didalam kandungannya. Disinilah peran penting obat rumahan yang aman dan cenderung tanpa efek samping. Satu contoh, menambahkan 2 sendok teh minyak kelapa murni ke dalam segelas susu dan dikonsumsi sebelum tidur ternyata banyak manfaatnya. Terutama untuk mengatur agar produksi hormon tiroid tetap dalam keadaan normal.

solusi rambut rontok alami

Masalah tiroid,baik itu kelebihan maupun kekurangan dapat mengganggu janin di dalam kandungan. Itulah sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk mengontrol hormon tersebut. Hormon tiroid kita butuhkan untuk mengontrol metabolisme.

Jika hormon ini hadir dalam jumlah yang terlalu sedikit di dalam darah, maka metabolisme tubuh akan menurun. Beberapa gejala yang sering timbul apabila seseorang kekurangan hormon tiroid diantaranya adalah, rambut menjadi rontok, kulit menjadi kering, wajah bengkak, sulit berkonsentrasi, perasaan dingin atau panas, mudah berkeringat, menstruasi tidak teratur, suasana hati mudah jengkel, dan mood sering berubah-ubah.

Pada saat wanita hamil, hipotiroidisme atau kekurangan hormon tiroid menyebabkan masalah untuk janin seperti, dapat menyebabkan resiko keguguran, dapat mengganggu perkembangan otak janin dan lain-lain.

Jika anda didiagnosa hipotiroidisme atau kekurangan hormon tiroid, ada beberapa cara alami untuk mengobatinya terutama dengan menggunakan obat rumah. Berikut adalah beberapa diantaranya.

A.      Cara pertama

Untuk mengobati kekurangan tiroid secara alami, kita bisa memanfaatkan minyak primrose. Minyak ini akan membantu meningkatkan tingkat hormon tiroid dan sangat bermanfaat pada pasien hipotiroid minyak ini banyak mengandung asam gama linoleat yang juga dapat berfungsi mengatasi peradangan. Manfaat lain apabila dikonsumsi, minyak ini akan membantu mengatasi gejala hipotiroidisme seperti haid yang tidak teratur dan rambut rontok.

Baca Juga:  Penyebab dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil

B.       Cara kedua

Telah disebutkan sebelumnya bahwa menambahkan 2 sendok teh minyak kelapa murni ke dalam segelas susu yang dikonsumsi sebelum tidur akan membantu meningkatkan jumlah hormon tiroid. Dan ini adalah salah satu cara untuk mengobati hipotiroidisme selama kehamilan.

C.      Cara ketiga

Untuk mengatasi hipotiroidisme, kita membutuhkan telur dan wortel. Telur kaya akan vitamin A dan bisa membantu menormalkan fungsi kelenjar tiroid. Ada juga bisa mencampurkannya dengan wortel atau labu atau keduanya.Akan tetapi tidak dianjurkan mengkonsumsinya terlalu banyak selama kehamilan.

D.      Cara keempat

Beberapa sayuran bisa mengganggu fungsi normal kelenjar tiroid. Diantara sayur-sayuran tersebut adalah brokoli, kubis dan kale. Sayuran yang telah disebutkan sebelumnya bisa membatasi penyerapan yodium oleh kelenjar tiroid sehingga mencegah sintesis hormon tiroid.

Dengan membatasi atau mengurangi asupan brokoli, kubis dan kale kita memiliki kesempatan untuk memiliki tiroid yang berfungsi dengan normal.

E.       Cara kelima

Cara berikutnya untuk mengatasi hipotiroidisme pada saat hamil adalah dengan menggunakan teh herbal. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan wedang jahe yang dicampurkan dengan kayu manis. Atau anda juga bisa membuat teh dari kayu manis karena berfungsi sangat efektif dalam mengatur kelenjar tiroid. Akan tetapi, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi teh, kopi dan minuman ringan berkarbonasi karena dapat menyebabkan hipotiroidisme selama kehamilan.

F.       Cara keenam

Beberapa makanan yang sangat baik untuk mengontrol tiroid dan mengobati hipotiroidisme adalah dengan mengkonsumsi kecambah, wortel dan mentimun. Makanan-makanan tersebut bisa anda jadikan sebagai salad untuk menu makan malam.

G.      Cara ketujuh

Anda juga bisa menggunakan minyak ikan kod untuk mengatasi hipotiroidisme pada saat hamil karena, minyak ikan ini bisa membantu menjaga fungsi kelenjar tiroid agar tetap sehat. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam minyak hati ikan cod akan melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi minyak ikan kod pada saat hamil.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.