Normalkah Ubun-ubun Bayi Berdenyut? Ini Jawabannya

Normalkah Ubun-ubun Bayi Berdenyut? Ini Jawabannya

Normalkah Ubun-ubun Bayi Berdenyut? Jawabannya adalah iya. Namun banyak ibu-ibu yang memang paranoid dalam menghadapi pertumbuhan anaknya, sehingga apa-apa langsung dibuat khawatir setengah mati. Kondisi bayi yang belum lama lahir memang penting untuk diawasi sampai detil sekecil-kecilnya namun juga harus diimbangi dengan pengetahuan yang cukup agar tidak sedikit-sedikti panik atau melakukan sesuatu pada bayi yang justru membahayakan dirinya. Pengetahuan yang baik juga akan membekali Bunda untuk bisa mengetahui normal atau abnormalnya kondisi si kecil.

Wajib-Tahu-Tentang-Ubun-Ubun-Bayi

Normalkah Ubun-ubun Bayi Berdenyut? Inilah Jawabannya

 

 Ubun ubun bayi cekung saat menangis kadang terjadi pada bayi. Normalkah ubun-ubun bayi berdenyut? Terutama ketika ia sedang menangis? Semuanya normal-normal saja. Pada tubuh terdapat beragam jenis tulang mulai dari tengkorak sampai tulang jari kaki. Pada bayi, yang membentuk kepalanya adalah tulang yang berbentuk lempengan tulang. Terdiri dari dua lempengan tulang bagian depan, dua lempengan tulang bagian kiri dan kanan, serta lempegan tulang belakang. Berbeda dengan tulang manusia dewasa yang sudah menyatu dengan baik antar lempengannya, pada bayi tidak demikian.

Celah diantara lempengan-lempengan tulang terngkorak ada akibat dari masing-masing lempengan belum terhubung dengan baik. Celah-celah itulah yang kelihatan dari luar dan sering kita sebut dengan ubun-ubun. Ubun ubun bayi cekung saat menangis atau biasa bukan lah kondisi yang menakutkan. Itu masih wajar. Jadi pertanyaan “normalkah ubun-ubun bayi berdenyut?” itu sudah terjawab dengan sendirinya.

 Mengakhiri Pertanyaan “Normalkah Ubun-ubun Bayi Berdenyut?

 

 Para dokter mengistilahkan ubun-ubun dengan fontanela. Artinya bagian kecil dari kepala bayi yang tampak sangat lunak. Kadang ada yang Bunda yang mengkhawatirkannya. Padahal kekhawatiran itu tidak perlu terjadi jika tahu fakta bahwa dalam bagian yang lunak itu terdapat lapisan membran yang amat kuat melindungi si kecil. Ubun-ubun memiliki kegunaan untuk melindungi si kecil saat persalinan, agar dapat diketahui dengan pasti besar tekanan di otak bayi. Denyut muncul oleh karena perlu menunggu di usia 9 bulan sebelum ubun-ubun mulai menutup. Jika masih di bawah usia 20 bulan dan masih berdenyut, masih normal kok, Bun, tak perlu heboh bertanya, “normalkah ubun-ubun bayi berdenyut?”.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.