Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi? Apakah

Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi? Apakah Berbahaya

Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi? Adalah salah satu pertanyaan bagi sebagian bunda yang bingung menghadapi masalah seperti ini pertama kali. Beberapa masalah tumbuh gigi pada bayi ini merupakan salah satu kelainan pertumbuhan pada bayi. Umumnya umur bayi akan tumbuh gigi pada usia 6 hingga 12 bulan. Kejadian dimana gigi bayi telah tumbuh ketika lahir adalah kasus 1 : 2000. Artinya kasus seperti sangat jarang terjadi dan merupakan kasus langka.

gigi-susu-bayi-gigisusu-net-lucu-23423sdfs

Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi?Adalah Kasus Langka

Pada umumnya kasus Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi? yaitu; (1) Isolated Anomaly atau kelainan yang terisolasi. Artinya adalah kelainan yang terjadi pada pertumbuhan gusi dan gigi balita. Bukan pada kelainan sehingga mengancam kesehatan si kecil termasuk penglihatan bayi baru lahir. (2) Sindrom Ellis van Crevelnd atau sindrom yang mewarisi kekerdilan dan kelainan, sehingga bisa memicu tumbuhnya gigi pada bayi. Faktor kekerdilan ini bisa dilihat setelah bayi tumbuh dewasa. (3) Sindrom Pierre Robin atau disebut micrognathia ditandai dengan bentuk bawah rahang kecil, dan lidah cenderung mundur atau ke bawah.

Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi? Kenali Tanda-Tandanya

Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi? Tanda lainnya yang keempat (4) adalah Sindrom Soto kasus yang satu ini sangat langka, terjadi karena kelainan genetik, sehingga menyebabkan pertumbuhan lebih cepat  pada anak usia 2 hingga 3 tahun di awal tumbuh kembangnya. (5) Sindrom Hallerman Streif adalah kasus dimana kondisi yang dapat mempengaruhi bentuk kepala dan tinggi badan bayi. (6) Faktor keturunan, jika ada diantara keluarga ayah atau ibu yang mengalami hal serupa ketika dilahirkan, kemungkinan penyebab tumbuh gigi pada bayi ini karena pengaruh genetika dari orang tua.

Baca Juga:  Mengapa Balita Kesulitan Berjalan? Ini Jawabannya!

Apakah berbahaya jika bayi baru lahir sudah tumbuh gigi? Setelah mengetahui penyebab apa saja yang menyebabkan tumbuh gigi ini, jawabannya adalah tidak normal, kasus ini sangat jarang terjadi. pertanyaan selanjutnya apakah berbahaya, sejauh ini tumbuh gigi ini tidak membahayakan kesehatan si kecil. Dengan rajin membersihkan kain halus dan lembut pada gigi si kecil dan tetap menjaga kesehatan tumbuh kembang bayi sama dengan balita lainnya, maka bayi akan tumbuh normal sama seperti bayi lainnya. Dengan begini terjawablah sudah pertanyaan Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi?

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.