Minggu-Minggu Penting Perkembangan Bayi Selama Kehamilan

Minggu-Minggu Penting Perkembangan Bayi Selama Kehamilan- Setiap ibu hamil pasti ingin mengetahui pertumbuhan bayi di dalam rahim mereka. Beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan oleh wanita hamil diantaranya adalah, seberapa besar bayi mereka saat ini? Apa yang dibutuhkannya? Apa perubahan dan bagaimana perkembangannya? Dan masih banyak pertanyaan yang lainnya.

gerakan-janin

Ada banyak fakta menarik yang tidak diketahui mengenai bayi ketika mereka berada di dalam rahim. Setiap tahap dan setiap minggu kehamilan membawa perubahan-perubahan yang sangat berarti dalam perkembangan bayi.

Setiap kali anda mengunjungi dokter atau bidan, terkadang anda merasa cemas dan sedikit bersemangat untuk melihat perkembangan bayi. Jadi untuk mengobati sedikit rasa penasaran anda, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai minggu-minggu terpenting dari perkembangan bayi selama kehamilan.

A.      Perkembangan mata dan telinga

Bayi akan mengalami perkembangan pada mata dan telinga terutama ketika memasuki minggu ke-8 kehamilan. Dimana ini adalah waktu bagi semua bayi mengembangkan telinga dan mata mereka. Pada masa ini, panjang bayi sekitar 2 cm dari kepala hingga bokong.

B.       Tubuh sepenuhnya terbentuk

Memasuki minggu ke-12, panjang bayi biasanya mencapai 5 cm dari ujung kepala hingga pantat. Pada tahap ini, tubuh bayi sudah sepenuhnya terbentuk termasuk juga jari-jari dan kuku, kemudian jari kaki dan telinga.

C.      Alat kelamin eksternal terbentuk

Setelah minggu ke-12 kehamilan, bayi akan mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa memasuki minggu ke-12 tubuh bayi sudah sepenuhnya terbentuk dan termasuk juga kelamin mereka.

Sehingga, apabila anda melakukan USG kemungkinan besar dokter sudah bisa mengetahui dan membedakan jenis kelamin bayi di dalam kandungan anda.

D.      Ukuran bayi setengah dari panjang lahir

Fakta menarik lainnya adalah ukuran bayi yang sudah cukup besar dan mencapai setengah dari ukuran badannya pada saat lahir nanti. Biasanya itu terjadi pada minggu ke-20 kehamilan. Panjang badannya akan mencapai 18 cm dari kepala hingga bokong. Pada masa ini biasanya bayi sudah mulai bisa bergerak.

Baca Juga:  Pengaruh Hormon Tiroid Selama Kehamilan

Beberapa perkembangan lain diantaranya adalah, alis bayi mulai terlihat, kemudian kuku jari kaki mulai terbentuk.

E.       Bayi bisa mendengar

Bayi bisa mendengar sejak minggu ke-24 kehamilan. Mereka bisa mulai mendengar suara-suara di dalam rahim dan perut ibu.

Beberapa perkembangan penting yang terjadi pada minggu ke-24 diantaranya adalah, wajah dan organ bayi sudah berkembang sepenuhnya, termasuk juga kulitnya yang mulai terlihat sedikit keriput.

F.       Bayi mulai bernafas

Bayi mulai bisa bernafas pada minggu ke-27 kehamilan. Mereka bisa bernafas di dalam rahim meskipun tidak ada oksigen. Pada minggu ke-27 tersebut, paru-paru bayi bisa benar-benar menghirup udara.

G.      Bisa mencium bau

Seorang bayi yang masih ada di dalam kandungan dan berusia 28 minggu kehamilan mulai bisa menggunakan indra penciuman mereka. Bayi bisa mencium aroma layaknya orang dewasa.

H.      Bayi membuka mata

Bayi membuka mata saat memasuki minggu ke-32 kehamilan. Pada saat ini, kemungkinan besar kepala bayi sudah mengarah ke bawah atau menuju ke miss V dan siap untuk dilahirkan.

Hingga minggu ke-32 ini, panjang bayi dari kepala hingga bokong sekitar 35cm – 38cm. Sedangkan panjang dari kepala hingga ujung kaki sekitar 44cm – 55 cm.

I.         Bayi lahir

Pada minggu ke-40 bayi sudah siap dilahirkan. Namun hanya sekian persen saja dari setiap kehamilan yang mengalami persalinan tepat waktu.Sisanya, biasanya akan terjadi dua minggu sebelum jatuh tempo atau dua minggu setelah jatuh tempo.

Pada saat dilahirkan, bayi setidaknya harus berbobot 2 hingga 3 kilogram walaupun ada juga bayi yang memiliki berat lebih dari lima kilo gram.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.