Mengulik Informasi Tahap Penglihatan Bayi

Mengulik Informasi Tahap Penglihatan Bayi

 

Tahap Penglihatan Bayi adalah sesuatu yang jarang diketahui para orang tua. Walaupun sebenarnya mengetahui tahapan penglihatan bayi termasuk proses pengawasan yang penting juga. jangan sampai kita lalai dan tak segera memeriksakan si kecil saat ada tahapan yang tak kunjung ia lalui, dibiarkan, lalu berakibat fatal ketika sudah parah. Seperti organ tubuh lain, mata juga tak tiba-tiba bisa melihat dengan sempurna, namun melewati tahapan yang sedikit demi sedikit—disertai dengan cara perawatan yang benar—membuat mata si kecil menjadi optimal untuk melihat saat sudah semakin besar nanti. Lalu apa saja tahapan penglihatan pada bayi? Simak artikel berikut ini.

Tips-Agar-Bayi-Cepat-Tumbuh-Gigi   

                                            

Tahap Penglihatan Bayi  yang baru Lahir-5 Bulan

 

Jarak pandang bayi yang baru lahir berkisar antara 19, 6 cm-29, 4 cm. Ini adalah jarak antara mata dengan objek ataupun orang lain di depan si bayi. Ketidaksemupurnaan ini adalah tahap penglihatan bayi ini adalah yang paling awal. Atau tahap penglihatan bayi baru lahir. Sosok ibu adalah yang pertama kali dikenali si bayi sebab sering terlihat ketika sedang disusui ASI. Untuk mengenali objek yang berpindah ke kanan dan ke kiri maupun bergoyang-goyang, ini terjadi saat bayi berusia 6 minggu. Untuk membantu merangsang bayi, orang tua bisa memberikan sedikit demi sedikit paparan cahaya. ASI juga sebenarnya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan mata terutama jaringan retina.

Untuk tahap penglihatan bayi di usia 3-5 bulan, bayi mulai bisa fokus terhadap objek yang bergerak di depannya. Bayi akan lebih sensitif terhadap cahaya ketika bayi memasuki usia 4 bulan. Anda bisa menyulap kamar Anda dengan warna-warna cerah dan ceria untuk membantu merangsang perkembangan penglihatan si anak. Namun perlu juga dijauhkan lampu malam.

Baca Juga:  Kenali Bayi Tersenyum Saat Tidur – Ini Dia Penyebabnya

 

Tahap Penglihatan Bayi  Usia 6-10 Bulan

 

Kesempurnaan melihat mulai terjadi ketika bayi memasuki usia 6 bulan. Pada usia ini si bayi sudah bisa mengenali objek bergerak dengan baik. Sudah mulai juga ada kontrol gerakan mata serta koordinasi. Untuk kemaksimalan penglihatan, rangsang si bayi dengan memberikan mainan atau buku bacaan yang beraneka warna. Itu tadi beberapa tahap penglihatan bayi. Sekian.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.