Mengetahui Tips Mengatasi Dahak pada Bayi

Mengetahui Tips Mengatasi Dahak pada Bayi

 

Tips Mengatasi Dahak pada Bayi  bisa Bunda temukan disini. Batuk pada si kecil bisa bervariasi. Dari batuk kecil yang sesaat, hingga batuk yang lama dan menyiksa. Dahak yang berkumpul di tenggorokan bayi berpotensi membuat pernapasan terhalang. Si kecil pun susah untuk menelan makanan maupun ASI. Batuk ini disebabkan situasi dan kondisi tubuh lemah sehingga terserang virus flu, pilek, da batuk. Tak perlu panik, disini kami akan memaparkan cara mengatasi dahak pada bayi agar si kecil bisa melakukan aktivitas maupun tidur dengan nyaman kembali.

Ramuan-Untuk-Mengatasi-Batuk-Khusus-Balita-600x401


Tips Mengatasi Dahak pada Bayi
  dengan Cara Mengencerkan

Untuk tips mengatasi dahak pada bayi, sebelumnya kita bisa terlebih dahulu membuat dahak agar yang tadinya kental menjadi encer. Untuk bayi usia di atas 6 bulan, berikan cairan yang bertujuan untuk terapi sederhana agar dahak segera encer. Obat atau cairan ini bisa Bunda temukan di apotik-apotik terdekat. Bisa juga selain diberikan cairan tersebut juga samil diberi makanan seperti biasa namun yang hangat. Misal, kaldu ayam hangat, kaldu sapi hangat, dan kaldu hangat varian lainnya.

Untuk tips mengatasi dahak pada bayi selanjutnya adalah dengan treatment air hangat. Campur air hangat di baskom dengan minyak kayu putih, tak usah banyak-banyak,  dan biarkan si kecil menghirup aromanya dengan meletakkan baskom di depan mukanya. Perlu kehati-hatian tinggi agar tidak melukai kulit si kecil sebab kadang ada juga bayi dengan kulit yang sensitif dan tak kuat disuguhi uap air panas. Cara lain adalah dengan mengoleskan minyak telon ke dada si kecil atau diajak mendapat sinar matahari setelah mandi pagi.

Baca Juga:  Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah? Kenali Penyebabnya
Tips Mengatasi Dahak pada Bayi  dengan Cara Mengeluarkannya

 Sedangkan setelah dahak encer tugas selanjutnya adalah mengeluarkannya. Tips mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan meletakkan si kecil pada posisi miring atau tengkurap sehingga dahak keluar secara alami. Cara alami lain apabila memakai cairan pereda dahak adalah dahak sebenarnya akan keluar sendiri lewat feses.  Ada juga alat khusus dari bahan karet untuk mengeluarkan dahak. Cara ini harus konsultasi dulu dengan dokter. Itulah tadi beberapa trik dan tips mengatasi dahak pada bayi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.