Mengetahui Ciri Infeksi Telinga pada Bayi

 

 

Ciri infeksi telinga pada bayi akan mudah Bunda temukan jika Bunda teliti. Ketelitian perlu sekali dalam merawat si kecil sebab ciri infeksi telinga pada anak adalah sesuatu yang patut dikhawatirkan dan perlu segera ditangani akan menimbulkan efek negatif pada pendengaran si kecil di kemudian hari.

Penyebab dari infeksi telinga sendiri adalah terdapat virus atau bakteri pada telinga. Untuk bayi, infeksi ini bisa ada jika ada cairan yang lama bertumpuk di gendang telinga bagian tengah dan gendang telinga tersebut terinfeksi.

Ciri infeksi telinga pada bayi yang umum adalah demam yang menyerang. Bagian telinga juga terasa sakit. Infeksi yang menyerang pada telinga akan mengaktifkan antibodi sehingga tubuh menjadi panas. Jika tidak segera ditangani ke dokterm, kondisi akan semakin parah dan memunculkan peradangan pada telinga, gendang telinga memerah, dan demam meninggi atau terkena ototitis media akut. Berikut gejala infeksi telinga pada bayi untuk pedoman Bunda mendeteksi kesehatan telinga si kecil

Apa Saja Ciri Infeksi Telinga pada Bayi?

Pertama, ciri infeksi telinga pada bayi terlihat dari kebiasaan si kecil yang tiba-tiba sering menarik-narik telinga. Si kecil merasakan ketidaknyamanan pada telinga bagian dalamnya, sehingga muncul kebiasaan tersebut.

Ini adalah gejala awal yang bisa untuk antisipasi Bunda untuk melakukan pemeriksaan dini. Yang kedua adalah munculnya gangguan kesehatan diantaranya muntah-muntah dan bahkan diare. Virus yang membuat telinga dalam menjadi infeksi akhirnya mempengaruhi sistem pencernaan si kecil.

 Beberapa Ciri Infeksi Telinga pada Bayi Lainnya

Ciri-ciri yang lain dari bayi yang sedang mengalami infeksi telinga adalah berkurangnya nafsu makan secara drastis. Mereka menolak makanan terutama bayi yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI.

Baca Juga:  Mengapa Balita Kesulitan Berjalan? Ini Jawabannya!

Ketidaknyamanan pada telinga juga mempengaruhi proses menelan dan mengunyah sebab tenggorokan dan hidung itu berhubungan erat. Proses makan akan terganggu jika telinga sakit. Sedangkan pada bayi yang masih menyusu tandanya adalah ia menarik diri ketika sedang disusui.

Terakhir, terkadang keluar cairan berwarna kuning atau putih dari telinga bayi, mengalir keluar dan kadang berbau. Ini disebabkan oleh gendang telinga yang berlubang kecil sehingga cairan itu keluar. Segera bawa ke dokter jika ciri infeksi telinga pada bayi tersebut

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.