Mengenal Kondisi Kehamilan Turun Temurun

Mengenal Kondisi Kehamilan Turun Temurun- Kehamilan pertama untuk setiap ibu selalu menghadirkan kegembiraan yang sangat luar biasa sekaligus dipenuhi berbagai gejala yang masih asing dan belum pernah dirasakan. Ada beberapa kondisi kehamilan dan gejala yang juga hadir karena keturunan. Satu contoh, jika ibu anda memiliki diabetes gestasional, maka kemungkinan anda juga bisa memilikinya.

150109067Hamil-digitaljournal.com

Selain itu, jika mertua atau ibu anda memiliki bayi besar pada saat melahirkan, maka anda juga cenderung akan memilikinya. Akan tetapi ada faktor-faktor lain yang juga bisa mempengaruhi adalah ukuran tubuh anda maupun tubuh suami.

Jika anda atau pasangan memiliki ukuran tubuh yang besar pada saat dilahirkan dulu, maka kemungkinan anda pun akan melahirkan bayi dalam ukuran yang besar. Dalam kasus morning sickness, faktor genetik juga memiliki peranan yang sangat besar. Jika ibu anda sering mengalami morning sickness yang parah, maka kondisi yang sama kemungkinan akan anda alami. Jadi, seringlah bertanya pada ibu mengenai berbagai gejala kehamilan yang mereka alami.

Berikut adalah beberapa kondisi kehamilan yang bisa diwariskan secara turun temurun.

A.      Morning sickness

Jika ibu anda memiliki morning sickness yang parah, maka anda juga akan cenderung mengalaminya. Penelitian telah menemukan bahwa ada hubungan genetik yang kuat antara gejala kehamilan ibu anda dengan anda. Jadi, jika gejala tersebut juga ada pada anda, jangan sampai perut anda kosong dan konsumsilah vitamin B6 sesuai dengan saran dokter.

B.       Keguguran

Kehamilan bisa dikategorikan sebagai masalah kesempatan. Jika anda mengalami keguguran dalam jumlah yang tidak sedikit, misalnya 2-3 kali, maka beberapa kondisi medis bisa mendasarinya. Namun perlu anda tahu juga bahwa keguguran biasanya tidak didasarkan pada keturunan. Artinya bahwa jika ibu anda pernah mengalami keguguran, maka hal tersebut belum tentu akan terjadi pada anda.

Baca Juga:  Tips Sehat dan Cantik Saat Hamil

C.      Diabetes gestasional

Jika di dalam keluarga anda ada yang mengalami diabetes, maka kemungkinan besar anda juga memiliki resiko. Resiko ini akan sangat besar jika orang tua anda atau saudara anda diagnosa mengalaminya.

Agar tidak mudah terkena diabetes, seorang ibu dianjurkan menjaga berat badan dalam kondisi ideal dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Selain itu, hindarilah mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung gula.

D.      Bayi besar

Bayi berukuran besar sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jika tubuh anda maupun suami pada saat dilahirkan dulu besar, maka kemungkinan anda pun akan melahirkan bayi dengan ukuran yang besar. Begitu juga sebaliknya, jika anda dan suami dilahirkan dalam kondisi tubuh kecil, maka kemungkinan besar anda pun akan melahirkan anak dalam ukuran kecil.

E.       Terlambat melahirkan

Apabila seorang ibu terlambat melahirkan atau setelah melewati jatuh tempo, misalnya dua minggu atau lebih, hal tersebut ternyata ada hubungannya dengan ibu anda. Jika ibu anda pernah mengalami keterlambatan persalinan, maka anda bisa menghadapi masalah yang sama.

F.       Kelahiran prematur

Persalinan dini juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Namun kebanyakan, kelahiran prematur atau kelahiran di ini disebabkan karena beberapa kondisi medis.

G.      Proses persalinan yang lama

Jika ibu anda pada saat bersalin prosesnya sangat lama disebabkan karena panggul yang kecil, maka kemungkinan besar anda pun akan mengalaminya. Hal tersebut karena kemungkinan besar anda memiliki panggul dengan ukuran yang sama.

Walau demikian, kondisi kehamilan turun-temurun ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor lain. Jika anda menemukan sejarah di keluarga anda, misalnya dari ibu yang sering mengalami proses persalinan dalam waktu yang lama, anda bisa mengambil inisiatif dengan operasi caesar untuk mengurangi resiko.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.