Mengapa Wanita Masa Kini Lebih Memilih Operasi Caesar?

Mengapa Wanita Masa Kini Lebih Memilih Operasi Caesar? Melahirkan seorang anak adalah impian setiap wanita. Dan banyak orang mengatakan bahwa kehidupan seorang wanita bisa dikatakan sukses apabila ia sudah memiliki pengalaman memegang anaknya sendiri dengan tangannya untuk pertama kalinya. Tidak ada keraguan bahwa tugas menjadi seorang ibu memang sangat berat namun sekaligus menyenangkan walaupun penuh tantangan dan cobaan.

Tips-Melahirkan-Secara-Normal-Bagi-Ibu-Hamil

Banyak dokter dan ahli kesehatan mengatakan dan percaya bahwa saat ini berbagai komplikasi yang sering dialami oleh ibu melahirkan menyebabkan banyak wanita beralih ke metode operasi caesar.

Namun sebelum anda mengambil keputusan tersebut, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal penting yang berkaitan dengan c-section (operasi).

Mengapa banyak wanita yang kemudian mengandalkan operasi caesar, beberapa alasan berikut ini mungkin bisa mewakilinya.

A.      Resiko yang lebih kecil

Teknologi yang lebih baik dianggap dapat mengurangi resiko selama melahirkan. Dan oleh sebab itu, banyak wanita yang kemudian memilih operasi caesar. Tidak hanya wanita yang hamil, namun dokter juga cenderung lebih memilih c-section. Dengan operasi, mereka lebih bisa mengontrol situasi dan memonitor kondisi dengan mesin-mesin yang berkualitas. Bagi ibu, keuntungan yang didapatkan diantaranya adalah rasa sakit yang lebih sedikit dan mereka tidak akan merasakan nyeri selama persalinan.

B.       Meningkatkan usia ibu

Saat ini, secara global usia usia ibu semakin bertambah karena beberapa hal yang berpotensi menjadi masalh bisa diatasi. Dalam kasus melahirkan, proses operasi caesar menjadi lebih handal karena bekerja secara ilmiah sehingga berbagai faktor resiko bisa ditekan.

C.      Karena fisik ibu

Beberapa ibu tidak memiliki fisik yang baik dan lebih dari 60 persen wanita saat ini jarang berolahraga sehingga kesehatan mereka sangat tidak baik.Banyak wanita yang mengalami komplikasi kesehatan seperti diabetes, kegemukan, hipertensi,penyakit tiroid, dan lain-lain. Dengan melakukan operasi caesar, maka berbagi resiko saat melahirkan bisa dikurangi. Satu contoh, apabila ibu hamil mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, mereka tidak perlu repot-repot mendorong dan mengejan untuk mengeluarkan bayi sehingga pengalaman dengan operasi caesar akan lebih aman bagi mereka.

Baca Juga:  Infeksi Pada Ibu yang Berbahaya Bagi Janin Selama Kehamilan

D.      Preferensi dari dokter

Ini adalah salah satu faktor utama mengapa banyak wanita yang kemudian mengandalkan operasi untuk melahirkan. Karena banyak dokter yang mendukung dan mengetahui bahwa resiko melahirkan dengan operasi lebih kecil dibandingkan secara normal.

E.       Pengalaman

Banyak wanita yang sudah mengalami pengalaman dengan operasi caesar di mana kebanyakan mereka merasa sangat nyaman dan aman. Dari pengalaman tersebut kemudian mereka lebih suka dan memilih operasi untuk kelahiran dikesempatan selanjutnya. Dengan adanya pengalaman tersebut jugalah yang menyebabkan berita lebih mudah tersebar dari mulut ke mulut sehingga banyak ibu yang kemudian tertarik untuk lebih memilih operasi caesar.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.