Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah? Kenali Penyebabnya

Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah? Kenali Penyebabnya

Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah? Barangkali ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan sebagian bunda yang kebingungan melihat tingkah pola anak balitanya memiliki tangan yang tiba-tiba lemah, hingga mengapa tangan berkeringat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tangan anak menjadi lemah, pada dasarnya hal ini berkaitan dengan perkembangan sistem motorik anak, atau respon tanggap baik dari sang balita. Kemampuan motorik anak ini dipengaruhi oleh Cerebellum, yaitu apabila fungsi koordinator raba dan fungsi visual mengalami gangguan, akan menyebabkan gangguan akan kemampuan motorin ini.

640xauto-tumbuh-kembang-5-tanda-si-kecil-sudah-bisa-mengenalimu-sebagai-ibunya-1310295-4

Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah? – Gangguan Sistem Motorik

Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah?, biasanya ditandai dengan gangguan sang balita menggenggam sesuatu di tangannya, dan hanya salah satu tangganya yang bergerak aktif dalam kegiatan bermain si kecil, sedangkan salah satunya tidak. Ciri lainnya adalah ketika si kecil berusaha memakai baju, tangan yang satu susah masuk ketika berpakaian. Perhatikan sendi tangan si kecil untuk dapat melihat posisi tangan anda si kecil, sehingga anda bisa mencermati di tangan sebelah mana si kecil susah menggerakan tangannya. Perhatikan pula bahi si kecil apakah ada tanda bengkak atau radang kemerahan.

Mengatasi Masalah Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah?

Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah? Mengatasinya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak atau dengan dokter neurologi. Memeriksanya sedini mungkin akan membantu masalah ini lebih awal. Pada anak yang memiliki gangguan pada tangan lemah, akan membuatnya sering terjatuh, dengan berkonsultasi ia akan dibekali dengan kemampuan perkembangan motorik, sehingga terampil menggunakan tangannya. Seiring dengan berjalannya waktu biasanya kemampuan motorik ini akan meningkat, pada dasarnya mencoba mengatasi gangguan motorik ini memerlukan waktu dan latihan ringan untuk membantu balita bunda tumbuh aktif.

Baca Juga:  Makanan Pilihan agar Anak Cerdas

Setelah mengetahui duduk permasalahan si kecil, bunda bisa segera mengambil langkah dalam mengatasi masalah si kecil, jika ini berkaitan dengan kemampuan motorik, mengikuti instruksi seperti yang dikatakan oleh dokter anak bisa bunda praktekan dirumah. Melatih tangan balita sambil mengajaknya bermain akan membuat ia terbantu. Pada beberapa kasus tertentu, keadaan dimana tangan si kecil tiba-tiba lemah mungkin karena sakit. Pastikan bahwa kesehatan balita tidak terganggu, dengan memperhatikan gejala-gejala yang dialami si kecil, sehingga diberikan penanganan yang baik sesuai keadaan yang dialami balita. Itulah beberapa hal yang Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah?.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.