Mengapa Pemeriksaan Pra-konsepsi Harus Lengkap?

Mengapa Pemeriksaan Pra-konsepsi Harus Lengkap?- Tahukah anda ada pemeriksaan pre-conception? Dan apa tujuannya? Ini merupakan pemeriksaan umum yang dilakukan pada kondisi kesehatan anda untuk memastikan bahwa kehamilan nantinya akan aman dan sehat. Pemeriksaan sebelum kehamilan akan membantu anda mengobati penyakit jika ada, dan akan mencegah penyakit jika ada gejala. Hal ini akan membuat anda dan bayi lebih aman dan bebas dari komplikasi selama 9 bulan hingga proses melahirkan selesai.

bidan-ppt-130514b

Apabila seseorang wanita hamil tanpa melakukan pemeriksaan sebelumnya, hal tersebut bisa menyebabkan beberapa komplikasi terhadap ibu maupun bayi. Ada juga kemungkinan bahwa mereka akan mengalami masalah medis yang mungkin saja ditularkan oleh ibu kepada bayinya.Seperti istilah populer yang selalu diingatkan oleh para ahli kesehatan,“mencegah lebih baik daripada mengobati.” Itulah pentingnya mengapa pemeriksaan pra-konsepsi harus dilakukan hingga selesai dan lengkap.

Ini juga sangat penting mengingat ibu hamil tidak akan bisa mengkonsumsi sembarangan obat pada saat mereka hamil sehingga kemungkinan untuk bisa mengatasi penyakit tertentu sangat kecil.

Berapa orang khawatir mengenai pemeriksaan sebelum kehamilan tersebut dan beberapa orang tidak memahami manfaatnya. Padahal, dengan menggali riwayat kesehatan keluarga, riwayat kesehatan anda, serta berbagai resiko yang akan anda hadapi merupakan sebuah keharusan. Sejarah vaksinasi anda juga penting untuk diketahui. Dan selama pemeriksaan pra-konsepsi, hal tersebut akan menjadi lebih jelas.

Berikut adalah beberapa pemeriksaan pra-konsepsi yang harusnya dilakukan oleh setiap wanita sebelum hamil.

A.      Pemeriksaan fisik

Ini adalah pemeriksaan standar dari ujung kaki hingga ujung kepala termasuk memeriksa tinggi badan, berat badan, usia anda dan tekanan darah.

Pemeriksaan juga melibatkan area genital untuk mengetahui apakah ada infeksi atau tidak. Serviks, ovarium dan uterus akan diperiksa.

Baca Juga:  Alasan Mengapa Latihan Tidak Boleh Diabaikan Selama Kehamilan

B.       Tes urine

Ini juga merupakan pemeriksaan yang tidak boleh anda lewatkan untuk mengetahui apakah anda memiliki diabetes atau beberapa resiko penyakit lainnya termasuk infeksi saluran kemih.

C.      Tes darah

Alasan utama untuk melakukan tes darah adalah memeriksakan jumlah hemoglobin. Jika anda mengalami kekurangan zat besi, kehamilan anda kemungkinan besar akan mengalami komplikasi karena anemia. Selain itu, tes darah juga dimaksudkan untuk mengetahui dan mengidentifikasi gejala hepatitis B, HIV, cacar, atau rubella.

D.      Mengetahui gaya hidup anda

Dokter akan meninjau diet dan pola makan yang anda terapkan selama ini. Dan mereka akan menyarankan beberapa hal untuk menjaga agar berat badan tetap stabil sehingga komplikasi bisa dicegah.

Dokter juga kemungkinan besar akan menyarankan anda menghindari asap rokok terutama dari suami yang merokok. Anda akan dianjurkan makan dengan baik dan berolahraga secara teratur.

Dengarkanlah dan jalankanlah semua apa yang diperintahkan oleh dokter dengan baik serta hindari makanan-makanan yang dilarang. Selain itu, anda juga kemungkinan besar akan diminta mengkonsumsi 400mikrogram asam folat setiap hari dan beberapa tablet multivitamin.

Jika dalam pemeriksaan menunjukkan bahwa kadar hemoglobin anda rendah, maka kemungkinan besar anda akan diberikan resep untuk tablet zat besi.

E.       Vaksinasi

Pemeriksaan selanjutnya adalah memeriksa sejarah vaksinasi anda. Jika anda dahulu tidak divaksin hingga lengkap, kemungkinan besar anda akan divaksin untuk membantu menghindari berbagai penyakit dan kontaminasi selama kehamilan.

F.       Sejarah ginekologi

Sejarah ginekologi akan membantu dokter mengidentifikasi pola seksual dan periode siklus anda. Jika anda tidak memiliki kebiasaan mengetahui kalender menstruasi anda, kemungkinan besar dokter akan memintanya.

G.      Sejarah kebidanan

Jika anda pernah hamil sebelumnya, kemungkinan besar dokter akan menanyakan berbagai hal termasuk jika anda pernah mengalami kehamilan ektopik, aborsi dan lain-lain. Semua pemeriksaan prakonsepsi tersebut harus lengkap dan dilakukan hingga selesai. Semua itu dimaksudkan untuk menjaga agar ibu dan bayi terhindar dari berbagai komplikasi dan masalah selama kehamilan dan agar bayi bisa tumbuh dengan baik.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.