Mengapa Balita Kesulitan Berjalan? Ini Jawabannya!


Mengapa
balita kesulitan berjalan? Ada banyak jawaban atas pertanyaan itu, berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang ada. kemungkinan itu muncul sebab perkembangan kemampuan motorik masing-masing anak memang berbeda. Ada yang baru 8 bulan namun sudah bisa berjalan.

Namun pada kasus lain ada juga bayi berumur lebih dari 12 bulan yang baru bisa berjalan. Penyebab balita kesulitan berjalan akan semakin kompleks dan mengkhawatirkan jika usia bayi sudah lebih dari 18 bulan. Yang normal dan bisa ditolerir adalah usia antara 15-18 bulan. Jika lebih dari itu bayi Bunda masih mengalami kesulitan berjalan, maka ada yang tidak beres. Secara umum berkaitan dengan gangguan motorik kasar, sebab mungkin sejak dini si orang tua tidak memberikan rangsangan dasar pada anak.

Mengapa Balita Kesulitan Berjalan? Simak Jawabannya

Mengapa balita kesulitan berjalan?  Kemungkinan pertama adalah saraf si kecil yang belum matang. Tingkat kematangan saraf si kecil mempengaruhi kemampuan motorik kasarnya beserta gerakan-gerakan tubuhnya. Ketika baru lahir, saraf motorik anak memang belum berkembang sejalan dengan fungsinya. Yang dapat membantu mematangkan saraf motorik anak adalah stimulasi atas aktivitas-aktivitas yang sesuai dengan umurnya. Aktivitas tersebut berguna untuk merangsang saraf agar terus berkembang semakin baik.

Penyebab kedua kenapa balita kesusahan berjalan adalah berkaitan dengan keseimbangan yang terganggu. Hal ini disebabkan karena si kecil mengalami DSI atau Dysfunction Of Sensory Integration. Gejala anak mengalami DSI adalah rasa takut ketika si anak diajak aktivitas yang agak memacu adrenalin seperti naik mainan bergoyang atau berenang. Untuk yang lebih parah, bahkan si anak akan kesulitan melakukan aktivitas ringan, seperti memegang kepala sendiri saat duduk, membuat gerakan-gerakan yang canggung, atau lambat merespon suatu aksi atau aktivitas yang diminta kepadanya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Diare pada Anak Balita

 Kemungkinan Lain: Mengapa Balita Kesulitan Berjalan?

Mengapa balita kesulitan berjalan? Kemungkinan lain dari jawaban itu adalah si kecil mengalami gangguan sensoris. Gangguan itu menyerang bagian-bagian tubuh, dan khusus untuk kesulitan berjalan berarti si anak berarti menyerang bagian kaki.

Ini biasanya terjadi pada anak yang berusia lebih dari 18 tahun. Kemungkinan terakhir berkaitan dengan kondisi psikologi anak. Bisa saja ada kesalahan pola asuh atau trauma pada anak. Itulah tadi beberapa jawaban atas pertanyaan mengapa balita kesulitan berjalan?

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.