Mendeteksi Gejala Flu pada Anak-Anak


Gejala flu pada anak-anak – penting untuk diketahui oleh para Bunda. Tujuannya adalah untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut dan memperparah kondisi kesehatan si anak. Flu biasanya bersinonim dengan influenza. Artikel ini akan menjabarkan beberapa gejala flu yang sering ditemui pada anak-anak agar orang tua bisa segera mendeteksi.

Penyebab Gejala Flu pada Anak-Anak

Penyebab flu pada anak tak jauh berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa. Jika saluran pernapasan mengalami infeksi akut virus, maka flu akan mulai menggejala. Hidung dan tenggorokan juga akan terinfeksi.

Di musim pancaroba rentan sekali terhadap munculnya gejala flu pada anak-anak. Anak-anak sering berkumpul dengan sesamanya, sehingga virus influenza gampang sekali menular. Saat bersin, sekresi cairan dilepaskan ke udara dan mudah mengkontaminasi anak lain. Kontaminasi ini juga rawan menular lewat benda-benda yang sering dipegang anak-anak, misalnya mainan.

Tanda dan Gejala Flu pada Anak-Anak

Gejala flu pada anak-anak yang pertama adalah demam tinggi. Tandanya jelas: suhu tubuh naik secara drastis, yang menjadi indikasi jika tubuh sedang melawan virus yang datang menyerang. Pada kondisi ini tubuh anak akan berubah menjadi merah, dan akan menggigil jika suhu sedang turun.

Jika si anak berusia kurang dari 6 bulan, ia wajib segera dibawa ke dokter. Gejala flu pada bayi sama. Yang kedua adalah rasa nyeri di bagian otot-otot lengan, paha, dan kaki. Dalam beberapa kasus malah hampir terasa di sekujur tubuh, yaitu jika kondisi demam dengan kenaikan suhu tubuh yang terlalu tinggi.

Fase selanjutnya, tenggorokan akan terasa sakit. Jika mulut dibuka, tenggorokan anak akan terlihat merah. Rasa sakit ini pada akhirnya menyebabkan batuk, baik yang berdahak maupun tidak. Gejala lain yang kadang ada pada anak kecil dinamakan gejala gastrointestinal yaitu mual, muntah, sakit perut, dan diare.

Baca Juga:  Cara Efektif Mengatasi Demam Panas Pada Bayi

Kondisi ini membuat anak-anak tak bernafsu makan, padahal mereka harus tetap dapat asupan makan yang cukup agar badan tetap fit. Jika kekurangan minum juga anak rentan mengalami dehidrasi sebab kehilangan cairan yang berlebihan. Begitulah beberapa gejala flu pada anak-anak yang perlu diwaspadai.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.