Manfaat Teh Daun Kemangi Selama Kehamilan dan Cara Membuatnya

Manfaat Teh Daun Kemangi Selama Kehamilan dan Cara Membuatnya

tehDaun kemangi merupakan salah satu herbal yang sangat dekat dengan daun mint, memiliki aroma seperti cengkeh dan terasa sedikit pedas serta manis. Daun ini banyak ditemukan di Asia dan Benua Australia. Walau demikian, kemangi juga bisa ditemukan di beberapa belahan bumi lainnya. Ramuan ini apabila dimanfaatkan akan memberikan banyak keuntungan terutama dalam menjaga kesehatan. Sehingga ibu hamil juga boleh mengkonsumsinya. Dalam beberapa kasus, daun kemangi bisa digunakan sebagai pengganti obat konvensional.

Setiap wanita hamil harus merawat dirinya sendiri dalam rangka memastikan bahwa bayinya lahir tanpa masalah apapun dan sehat. Banyak kali yang merekomendasikan kepada setiap wanita untuk mengkonsumsi makanan sehat dan minuman terbaik untuk menghindari berbagai masalah baik untuk ibu hamil maupun masalah bagi bayi di dalam kandungan.

Salah satu minuman yang sangat direkomendasikan bagi wanita hamil adalah teh herbal yaitu teh daun kemangi. Dan berikut adalah beberapa manfaatnya.

Manfaat pertama

Daun kemangi yang dijadikan sebagai teh bisa berfungsi sebagai detox untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan untuk menjaga paru-paru serta jantung agar tetap bersih dan aman dari berbagai infeksi maupun masalah kesehatan lainnya.

Manfaat kedua

Minuman ini sangat aman untuk ibu hamil karena tidak mengandung kafein sehingga wanita hamil bebas untuk mengkonsumsinya.

Manfaat ketiga

Daun kemangi yang dijadikan sebagai teh bisa bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas karena adanya kandungan antioksidan. Antioksidan tersebut akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan radikal bebas dan biasanya teh ini juga bisa menetralisir radikal bebas sehingga sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat saat melawan berbagai macam penyakit.

Baca Juga:  Penyebab dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil

Manfaat keempat

Setiap wanita yang hamil, mereka pasti akan merasakan sakit pada punggung, pada otot dan berbagai masalah lainnya. Namun apabila anda ingin meringankan gejala seperti nyeri sendi dan nyeri otot, anda bisa mengandalkan teh daun kemangi karena minuman ini bisa membantu meredakan peradangan dan menguatkan tulang.

Namun, perlu diingat bahwa, teh daun kemangi bukan untuk mengganti obat konvensional jika anda memiliki masalah dengan tulang.

Manfaat kelima

Pada saat hamil, wanita lebih mudah stres, merasa cemas dan takut. Teh daun kemangi bisa bermanfaat untuk membuat kita merasa lebih rileks atau santai. Sehingga ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat anda merasa tidak bahagia atau stres. Teh daun kemangi dapat melepaskan hormon bahagia yang disebut hormon serotonin di seluruh tubuh sehingga stres bisa diatasi.

Cara Mempersiapkan Teh Kemangi

Mempersiapkan dan membuat teh kemangi sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk membuat teh ini, anda bisa menyediakan air yang direbus hingga mendidih lalu setelah itu masukkan daun kemangi ke dalamnya dan biarkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, anda bisa mengkonsumsinya dengan menambahkan pemanis seperti madu atau anda juga bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon untuk menambah aroma.

Namun jika anda tidak ingin repot-repot, anda bisa menyiapkan secangkir air panas lalu masukkan beberapa lembar daun kemangi dan tutup berapa lama misalnya dua atau tiga menit kemudian konsumsilah.

Apapun herbal yang akan anda konsumsi selama kehamilan, pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan pastikan anda tidak mengkonsumsinya dengan jumlah berlebihan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.