Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh Selama Kehamilan

Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh Selama Kehamilan-Semua wanita yang akan segera menjadi seorang ibu harus mengkonsumsi makanan-makanan sehat terutama yang bisa meningkatkan imun tubuh mereka. Karena selama kehamilan, mereka cenderung mengalami penurunan kondisi fisik maupun mental, begitu juga dengan imun tubuh yang tugasnya mulai terbagi antara menjaga ibu dan menjaga bayi di dalam kandungan.

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-300x205

Itulah sebabnya, mengapa seorang wanita yang hamil harus mengkonsumsi nutrisi dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhannya dan menghindari malnutrisi. Tidak hanya itu, semua hal yang bisa mempengaruhi imun tubuh seperti, tidak berolahraga (untuk ibu yang hamil dengan resiko rendah), makan berlebihan, tidur berlebihan, atau kurang tidur juga sebaiknya dihindari. Dan faktor utama yang tidak boleh dilupakan adalah faktor stres. Karena inilah yang paling sering menyebabkan sistem kekebalan tubuh seorang wanita anjlok.

Agar bisa menjaga sistem kekebalan tubuh tetap pada kondisi stabil, makanan yang dikonsumsi sehari-hari merupakan kunci penting yang tidak boleh dilupakan.

Walau demikian, ada beberapa ibu yang kesulitan untuk mengkonsumsi makanan sehat disebabkan karena morning sickness atau rasa mual yang mereka alami terutama pada trisemester pertama kehamilan. Jika ibu kesulitan untuk mengkonsumsi makanan sehat sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga ditakutkan jumlahnya tidak mencukupi, sebaiknya ibu hamil tersebut berbicara dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui beberapa makanan alternatif. Jika tidak, dokter juga biasanya dapat meresepkan suplemen vitamin atau suplemen protein.

Makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Khusus untuk ibu hamil, berikut adalah beberapa daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi agar imun tubuh mereka tetap terjaga sehingga berbagai penyakit tidak mudah menyerang.

A.      Makanan sumber vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena mengandung antioksidan yang akan diserap oleh tubuh dalam membentuk beta karoten. Ini sangat penting terutama untuk melawan berbagai infeksi dan menghindarkan bayi dari cacat.

Baca Juga:  Penyebab Menurunnya Libido Selama Kehamilan

Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin A diantaranya adalah mangga, wortel, ubi jalar dan kacang almond.

B.       Vitamin D

Vitamin D juga sangat penting untuk melindungi ibu agar tidak mudah terkena flu dan pilek selama kehamilan dan selama menyusui. Pada musim hujan dimana sinar matahari sangat sulit didapatkan, ibu harus mengkonsumsi makanan tertentu yang kaya vitamin D seperti minyak ikan, susu, telur, serial, dan jamur.

C.      Zink

Makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan selanjutnya adalah, makanan yang banyak mengandung zinc. Makanan ini sangat dibutuhkan terutama pada saat proses pemulihan pasca melahirkan dan berfungsi juga untuk melindungi DNA. Beberapa makanan yang kaya seng (zink) diantaranya adalah produk susu seperti keju, susu, yoghurt, serta kacang-kacangan.

D.      Vitamin B

Vitamin B juga tidak boleh dilupakan karena apabila seorang wanita hamil ingin menghindari bahaya morning sickness, mereka harus mengkonsumsi beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B. Diantara beberapa makanan yang kaya vitamin B adalah, asparagus, bayam, sawi, brokoli, buncis, kembang kol, seledri, mentimun, daun bawang, paprika hijau, wortel, jagung, dan lain-lain.

E.       Protein

Protein dibutuhkan juga untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, dan ini merupakan salah satu yang paling efisien serta memainkan peranan sangat penting dalam membangun sistem imun yang kuat.Sumber protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan maupun daging tanpa lemak.

F.       Kalsium

Kalsium diperlukan untuk membangun tulang pada bayi dan untuk menjaga tulang ibu agar tidak keropos. Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber kalsium diantaranya adalah susu, produk susu, sup ayam dan bayam.

G.      Bawang putih

Bawang putih memiliki kekuatan untuk membunuh berbagai infeksi dan penyakit karena memiliki sifat antibakteri sehingga merupakan salah satu bagian dari sayuran penting yang tidak boleh dilupakan.

Baca Juga:  Cara Memprediksi Kelamin Bayi Berdasarkan Gerakannya di Dalam Rahim

H.      Zat besi

Selama kehamilan, seorang ibu membutuhkan banyak darah. Dan untuk bisa meregenerasi sel-sel darah merah mereka membutuhkan zat besi. Zat besi secara langsung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa sumber zat besi diantaranya adalah: susu, bayam, plum dan kacang.

I.         Probiotik

Makanan dan minuman yang banyak mengandung probiotik dapat melindungi ibu hamil dari infeksi ringan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Beberapa makanan probiotik seperti yoghurt dan yang lainnya bisa dikonsumsi selama kehamilan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.