Makanan Pilihan agar Anak Cerdas

Makanan Pilihan agar Anak Cerdas- Ini adalah impian setiap ibu, yaitu memiliki bayi (anak) yang pintar dan cerdas.Anak yang cerdas tergantung pada makanan yang dikonsumsi oleh ibunya selama kehamilan. Jika seorang ibu tidak mengkonsumsi suplemen yang tepat seperti asam folat, zat besi, vitamin D dan lain-lain, maka kemungkinan besar bayi yang akan dilahirkan dalam keadaan lemah mental maupun fisik, termasuk juga perilakunya.

Makanan-yang-sehat-untuk-ibu-menyusui

Apa yang dikonsumsi oleh wanita selama kehamilan mempengaruhi perkembangan fisik dan mental anak mereka di dalam kandungan atau setelah dilahirkan. Makanan-makanan yang dikonsumsi tentu saja bisa mempengaruhi dan meningkatkan kekuatan otak anak. Dan penting untuk diketahui, tidak hanya selama kehamilan, namun makanan-makanan sehat tersebut yang dapat mencerdaskan otak juga harus dikonsumsi sebelum hamil.

Ketika bayi lahir, ukuran otaknya sekitar 25% dari ukuran otak orang dewasa. Pada saat ia berusia dua tahun, ukuran otaknya mengembang sehingga 75% dari ukuran otak orang dewasa.

 

Makanan pilihan untuk anak cerdas

Agar anak anda bisa memiliki otak yang terus berkembang, cerdas dan pintar, beberapa makanan berikut ini sebaiknya tidak ditinggalkan karena sangat membantu dalam perkembangan otak.

 

A.      Telur dan keju

Makanan yang banyak mengandung vitamin D sangat dibutuhkan oleh bayi maupun anak-anak. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kekurangan vitamin D selama kehamilan mempengaruhi kekuatan otak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk sering terpapar sinar matahari pada saat pagi. Selain dari matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari telur, keju, daging sapi, hati, dan lain-lain.

 

B.       Ikan laut dan tiram

Seafood atau ikan laut serta tiram memiliki banyak kandungan yodium. Kekurangan yodium selama kehamilan terutama pada 12 minggu pertama kehamilan dapat menyebabkan ibu melahirkan anak dengan IQ rendah. Oleh sebab itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi garam beryodium. Selain itu, yodium juga bisa didapatkan dari tiram, ikan laut, telur dan yogurt.

Baca Juga:  Kenali Bayi Tersenyum Saat Tidur – Ini Dia Penyebabnya

 

C.      Bayam dan lentil

Kedua makanan tersebut, yaitu bayam dan lentil memiliki kandungan asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan untuk membentuk sel-sel otak pada bayi. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa wanita yang tidak mengkonsumsi asam folat 4 minggu sebelum hamil 8 minggu setelah hamil memiliki peluang 40% melahirkan bayi autis.

Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber asam folat diantaranya adalah, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan juga lentil.

 

D.      Lemak ikan

Asam lemak omega-3 juga dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi.Diantara beberapa sumber lemak ikan yang baik adalah, ikan salmon, ikan tuna dan ikan mackarel.

Beberapa studi menunjukkan bahwa ibu yang tidak mengkonsumsi ikan pada saat sebelum hamil maupun saat hamil memiliki bayi dengan kekurangan.Dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan setidaknya dua atau tiga porsi perminggu.

 

E.       Yoghurt

Tubuh akan bekerja keras untuk membantu membentuk sel-sel saraf bayi. Dan untuk membentuk sel dibutuhkan protein yang banyak. Beberapa sumber protein yang baik diantaranya adalah yogurt.

 

F.       Buncis

Zat besi sangat dibutuhkan selama kehamilan. Bahkan ibu yang merencanakan kehamilan juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Salah satu sumber zat besi yang sangat baik untuk membantu melancarkan asupan oksigen ke sel-sel otak bayi adalah buncis. Selain kacang buncis, sebenarnya zat besi juga bisa didapatkan dari sayur bayam.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.