List Lengkap Makanan yang Aman untuk Ibu Hamil

List Lengkap Makanan yang Aman untuk Ibu Hamil – Pada saat anda hamil, semua yang anda konsumsi juga akan di salurkan ke pada bayi. Pada saat kita mengkonsumsi sesuatu, makanan tersebut akan dipecah menjadi glukosa, lemak dan protein kemudian diserap oleh tubuh dan mengalir di dalam darah, kemudian dipasok ke seluruh tubuh termasuk juga kepada bayi melalui plasenta.

,

Berbagai elemen seperti glukosa, oksigen, protein, vitamin dan mineral semuanya bisa melewati plasenta. Tidak hanya itu, berbagai minuman berbahaya termasuk yang mengandung kafein dan alkohol juga seringkali tidak disaring oleh plasenta sehingga dapat mempengaruhi kondisi bayi dalam kandungan. Itulah sebabnya mengapa makanan-makanan yang tidak aman selama kehamilan dianjurkan untuk dihindari. Sangat penting juga bagi setiap ibu hamil untuk menghindari berbagai jenis kosmetik yang berbahaya termasuk yang mengandung logam berat karena kosmetik-kosmetik tersebut bisa meresap kembali kulit dan terbawa oleh darah sehingga dapat menyebabkan bayi berada dalam resiko.

Tidak ada keraguan bahwa setiap ibu hamil seringkali mengidam-idamkan makanan tertentu yang terkadang tidak masuk akal serta tidak sehat. Berbagai jenis makanan olahan biasanya berbahaya untuk wanita hamil dan janin didalam kandungan mereka. Makanan seperti mie instan, potato chip dan sejenisnya juga sangat tidak dianjurkan karena banyak mengandung MSG, pemanis buatan, dan berbagai jenis bahan sintetis.

Mie instan contohnya, sekalipun anda sudah menambahkan sayur dan berbagai jenis makanan sehat lainnya seperti daging ayam, telur, atau yang lainnya, makanan ini tetap tidak sehat dan tidak memberikan keuntungan apapun. Di samping berbagai jenis makanan tidak sehat tersebut, berikut adalah beberapa list lengkap mengenai makanan sehat yang aman dikonsumsi selama kehamilan dan sebaliknya anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga:  Tips dan Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Sayur-sayuran

Berbagai jenis masakan yang melibatkan banyak sayur-sayuran sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Masakan masakan yang dicampur mulai dari kacang panjang, brokoli, jagung mudah, bawang, dan lain-lain merupakan makanan utama ibu hamil. Sayuran sebaiknya dikonsumsi setiap hari dan sebelum dimasak pastikan anda mencucinya secara menyeluruh hingga bersih karena dikhawatirkan mengandung berbagai bakteri.

Buah-buahan

Berbagai jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin terutama vitamin C, kemudian banyak mengandung air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selama kehamilan, berbagai jenis buah-buahan dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Beberapa buah-buahan yang berbahaya selama trisemester pertama diantaranya adalah nanas, buah jambu biji, dan buah pepaya yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ketiga buah tersebut dapat menyebabkan rahim menjadi lemah sehingga dikhawatirkan apa bila di konsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan keguguran.

Ikan

Setidaknya ibu hamil harus mengkonsumsi 3 porsi ikan dalam 1 minggu. Ikan laut sangat baik untuk perkembangan otak bayi yang ada di dalam kandungan. Selain itu juga banyak mengandung protein. Jika anda harus mengkonsumsi berbagai jenis ikan laut termasuk juga seafood berupa kepiting, kerang, udang dan lain-lain, semuanya harus dimasak hingga benar-benar matang dari luar hingga dalamnya.

Sebaliknya, ikan mentah tidak dianjurkan dikonsumsi selama kehamilan kecuali sudah dibekukan terlebih dahulu. Ikan sangat mudah terkontaminasi berbagai jenis bakteri sehingga jika anda tidak memakannya segera, sebaiknya disimpan di dalam kulkas atau di tempat-tempat yang terlindungi sehingga tidak mudah terkontaminasi bakteri. Ikan-ikan predator seperti hiu dan lain-lain sangat tidak dianjurkan karena dikhawatirkan mengandung merkuri dalam jumlah yang banyak.

Plum

Buah plum sangat baik dikonsumsi apabila anda ingin menambah energi buah ini juga dapat membantu perkembangan anak di dalam rahim. Selain buah plum, kacang merah, kacang mete dan berbagai jenis kacang-kacangan juga dianjurkan namun dalam jumlah yang terbatas dan tidak terlalu banyak.

Baca Juga:  Penyebab Perut Keras Selama Kehamilan

Daging tanpa lemak

Daging merupakan sumber protein yang paling mudah diserap oleh tubuh. Akan tetapi jika anda tidak mengkonsumsi daging, anda bisa juga mendapatkannya dari berbagai makanan nabati seperti kacang-kacangan. Daging yang banyak mengandung lemak sangat tidak dianjurkan dikonsumsi selama kehamilan begitu juga dengan daging yang tidak dimasak hingga benar-benar matang sebaiknya dihindari.

Ragi

Ragi juga dianjurkan dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung banyak protein serta sangat baik untuk kesehatan bayi di dalam kandungan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Makanan ini, selain banyak mengandung protein, vitamin dan mineral, juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama serta dapat memperlancar buang air besar sehingga berbagai gejala kehamilan seperti sembelit bisa diatasi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.