Katakan Tidak Pada 5 Makanan Ini Saat Hamil

Katakan Tidak Pada 5 Makanan Ini Saat Hamil

stopSeorang wanita hamil harus tetap berhati-hati terhadap makanan yang ia konsumsi dan berbagai jenis latihan yang ia jalankan. Wanita hamil juga harus berhati-hati dalam menjaga sikap maupun mentalnya hingga melahirkan. Karena semua itu mulai dari makanan, latihan, gaya hidup yang dijalani dan lingkungan tempat ia tinggal akan sangat berpengaruh terhadap dirinya maupun kondisi bayi di dalam rahim.

Dokter sudah menyarankan apa yang terbaik untuk ibu hamil dan apa yang seharusnya dihindari. Salah satu yang paling penting dan harus dijaga adalah makanan. Makanan adalah sumber nutrisi yang akan membangun dan membantu pertumbuhan bayi serta menghindarkannya dari berbagai jenis cacat.

Disamping makanan-makanan yang sehat, ada juga makanan yang perlu dihindari karena justru dapat merugikan ibu maupun bayi di dalam kandungan. Kita harus berhati-hati terhadap berbagai jenis makanan dan berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Susu yang tidak dipasteurisasi

Beberapa jenis susu yang tidak dipasteurisasi atau tidak dipanaskan pada suhu tinggi dikhawatirkan mengandung banyak mikroba yang berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Biasanya mikroba tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh ibu. Selain itu, berbagai jenis mikroba juga dapat menyebabkan kelainan pada bayi.Jadi, pastikan anda mengkonsumsi susu terutama susu murni yang sudah dipanaskan.

  1. Makanan pinggir jalan

Tidak sulit untuk menemukan berbagai warung makan yang ada di pinggir jalan saat ini. makanan-makanan khas daerah, makanan ringan dan bahkan berbagai jenis makanan lainnya seperti bakso, soto, nasi dan lain-lain, kini mulai marak dijual di pinggir jalan. Akan tetapi tahukah anda bahwa, ahli kesehatan mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang banyak dijual di pinggir jalan akan mengurangi 10 tahun umur kita dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri dirumah.

Baca Juga:  Apakah Kita Membutuhkan Rencana Bersalin?

Tentu hal tersebut tidak berlebihan mengingat makanan-makanan yang ada di pinggir jalan terkadang kontaminasi berbagai bakteri, debu jalanan dan terkadang tidak terjaga kebersihannya serta banyak mengandung MSG.

Ibu hamil harus memperhatikan hal tersebut dan usahakan untuk menahan diri hingga proses persalinan selesai.

  1. Telur mentah dan ikan

Resiko infeksi yang sangat berbahaya bisa disebabkan karena ibu hamil mengkonsumsi makanan seperti telur mentah, telur setengah matang atau yang tidak direbus hingga benar-benar matang. Ada berbagai jenis mikroba yang berbahaya untuk janin pada makanan-makanan mentah seperti telur mentah maupun ikan mentah. Setiap anda akan mengkonsumsi daging, ikan, dan telur pastikan makanan-makanan tersebut telah direbus dan dimasak hingga benar-benar matang bagian dalam dalamnya.

  1. Teh hijau

Mungkin anda sudah sering mendengar atau membaca artikel yang membahas mengenai teh hijau serta manfaatnya. Namun, benarkah teh hijau benar-benar sehat bagi kita para wanita hamil? Teh hijau bisa meningkatkan metabolisme, mempengaruhi pencernaan dan ternyata juga dapat menyebabkan wanita hamil menjadi gelisah atau cemas. Itulah sebabnya mengapa teh hijau tidak dianjurkan dikonsumsi pada pagi hari terutama apabila anda hamil.

  1. Minuman dan makanan berkafein

Hampir semua jenis minuman berkafein tidak dianjurkan untuk ibu hamil walaupun beberapa diantaranya masih diperbolehkan dalam jumlah jumlah yang dibatasi. Minuman seperti kopi, minuman ringan seperti coke, kemudian minuman energi dan lain-lain tidak dianjurkan dikonsumsi selama kehamilan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.