Informasi dan Tips Masa Kehamilan

Informasi dan Tips Masa Kehamilan – Tips Kehamilan menjadi salah satu hal yang paling sering dicari dalam upaya menjaga kehamilan untuk tetap sehat. Seorang ibu hamil pastinya menginginkan bayinya lahir dengan sehat. Tentu saja untuk mendapatkan hal tersebut, sang ibu harus benar-benar memperhatikan kondisinya dan kondisi janin yang terkandung di dalamnya. Bahkan, sang ibu juga harus memperhatikan aktifitas-aktifitas yang ia lakukan demi menghindari rasa letih yang berlebihan. Saat hamil, wanita harus lebih banyak beristirahat karena jika terlalu lelah akan memberikan efek yang buruk baik bagi si ibu maupun si janin.

Informasi dan Tips Masa Kehamilan

Informasi dan Tips Masa Kehamilan

Menjaga Kehamilan Muda

Saat ini, banyak sekali wanita-wanita yang mengalami kehamilan muda. Nah, untuk itulah banyak hal  yang harus dilakukan dan diperhatikan saat seorang wanita tengah mengalami hamil muda, terlebih lagi itu menjadi kehamilan pertama.

Tips untuk ibu hamil muda adalah untuk sangat memperhatikannya karena pada periode ini, biasanya janin masih berada dalam kondisi yang sangat rapuh serta risiko terjadinya keguguran masih sangat besar. Biasanya, presentase keguguran di awal periode mampu mencapai angka 40%. Sejumlah keguguran berkaitan dengan abrnormalitas, misalnya leukemia, faktor hormonal, dan masih banyak lagi.

Memperhatikan asupan makanan adalah salah satu tips kehamilan sehat yang penting. Pada masa ini, janin akan sangat lemah, sehingga makanan dan minuman yang mempunyai potensi besar untuk merusak dan kurang mensuplai vitamin akan menghambat pertumbuhan janin. Calon ibu memerlukan nutrisi tambahan seperti zat besi. Jika kekurangan, akan berakibat fatal yang dapat menyebabkan keguguran atau lahir premature.

Cara Merawat Kehamilan Di Bulan Pertama (minggu 1-4)

Jika anda baru hamil atau bahkan berusaha untuk mendapatkan kehamilan, pasti ada banyak pertanyaan yang ada di benak anda. Bagaimana perubahan pada tubuh anda atau apa yang akan terjadi pada diri anda. di bawah ini akan dijelaskan lebih mendetail mengenai tubuh anda dan bayi, dan tips sehat ibu hamil.

Baca Juga:  7 Tips Merawat Kesehatan Setelah Keguguran

Minggu 1 dan 2

Bayi : bayi masih secercah di mata anda. Walaupun membingungkan, untuk memikirkan bagaimana suatu kehamilan dimulai, bahkan sebelum anak dikandung, dokter akan menghitung tanggal jatuh tempo dari awal menstruasi terakhir.

Ibu : di awal menstruasi, ada 20 telur (ovum) menempati kantung dengan penuh cairan yang biasa disebut folikel. Jika pada biasanya anda mempunyai periode menstruasi setiap 28 hari, maka sekiatr 14 hari setelahnya, anda akan berovulasi. Salah satu folikelnya akan melepaskan telur dan mengalir menuju tuba fallopi untuk menunggu fertiliassi. Empat belas hari setelah menstruasi anda memiliki masa subur. Jika ingin hamil, anda bisa mencobanya.

Minggu ke 3

Bayi : jika telur anda dan sperma pasangan sudah bergabung, maka embrio pun muncul dengan ukuran yang sangat kecil. Bentuknya hanya seperti sekelompok sekitar 100 sel. Lapisan luar dari sel akan menjadi plasenta dan lapisan yang dalam akan berubah menjadi embrio.

Ibu : anda belum melihat adanya perubahan pada tubuh anda.

Tips : jika anda tidak sabar untuk mencari tahu, anda bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack. Jika ingin yang lebih akurat, anda bisa mengunjungi dokter.

Minggu ke 4

Bayi : saat ini, telur dibuahi di dalam lapisan rahim yang disebut implantasi.

Ibu : anda dapat melihat cahaya bercak sebagai embrio implant di dalam rahim. Kemungkinan anda tidak merasa berbeda, namun rongga amnion diisi dengan cairan dan plasenta itu nantinya akan membawa oksigen serta nutrisi untuk melakukan pemeliharaan terhadap bayi anda.

Tips : cobalah untuk makan-makanan yang sehat serta minum-minuman yang sehat paling tidak enam hingga 8-ons gelas air sehari. Anda memerlukan 300 kalori ekstra per hari selama kehamilan.

Bagaimana Cara Menjaga Kehamilan?Menjaga kehamilan sudah menjadi kewajiban bagi setiap wanita hamil. Di bawah ini adalah sejumlah cara menjaga kehamilan yang baik, yaitu :

  • Cek pra-hamil
Baca Juga:  Resiko Kesehatan Akibat Multi Aborsi

Sebenarnya, sebelum hamil, calon ibu harus memeriksakan kesehatan pra-hamil seperti TORCH, cek gula darah, dan lain-lain. Ini sangat berguna untuk memeriksa jikalau ada penyakit atau kelainan dari si ibu yang kemungkinan besar akan menular pada si bayi nantinya.

  • Menjaga kebersihan, terutama di daerah miss V

Perhatikan kebersihan, terutama di sekitar miss V agar tidak terjadi keputihan. Ini penting karena keputihan dapat menular pada janin.

  • Rutin memeriksa kondisi kehamilan

Pastikan bahwa anda rutin memeriksa kehamilan anda, namun jangan berganti-ganti dokter. Pasalnya, jika berganti dokter, maka dokter tidak tahu riwayat kehamilan yang dialami si ibu.

  • Menerapkan pola hidup sehat

Ini menjadi salah satu tips kehamilan 1 bulan dan bulan-bulan berikutnya yang harus dijaga agar kondisi ibu dan janin tetap sehat. Mulai dari makan-makanan yang bergizi hingga melakukan olahraga yang dianjurka untuk wanita hamil. Ini akan membantu perkembangan janin dan melahirkan bayi yang sehat nantinya.

  • Perhatian Lebih Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang harus selalu memperhatikan dengan detail dan bahkan diperhatikan lebih oleh suaminya. Hal ini tentunya akan membantu mereka agar lebih sabar dalam melewati masa kehamilan. Banyak aktifitas-akfitifas yang juga harus diperhatikan agar tidak dilakukan terlalu berlebihan yang malah akan menimbulkan rasa letih berlebihan.

Nah, itulah tips-tips bagaimana menjaga kehamilan yang baik. Semoga akan sangat bermanfaat bagi anda. Pastikan bahwa anda tetap memperhatikan kehamilan anda. Jangan sampai anda tidak memperhatikan kondisi tubuh anda yang nantinya malah akan berdampak pada kesehatan janin.

Tentunya, sebagai seorang ibu, anda menginginkan bayi yang sehat bukan? Untuk itulah, penting bagi anda untuk menerapkan Informasi dan Tips Masa Kehamilan untuk membantu kelancaran melewati fase-fase kehamilan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.