Efek Samping Pare pada Kehamilan

Efek Samping Pare pada Kehamilan

buah-parePare atau labu pahit merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari di negara kita. Meskipun pahit namun banyak orang yang mengkonsumsinya sebagai sayuran. Labu ini memang banyak mengandung nutrisi termasuk asam folat, fosfor, mangan, seng dan magnesium. Selain itu, vitamin penting dan berbagai mineral juga hadir di dalam labu pahit ini.

Namun, bukti ilmiah menunjukkan bahwa pare atau momordica charantia memiliki beberapa efek samping apabila dikonsumsi selama kehamilan.

Rasa pahit yang sangat pada labu tersebut dapat menyebabkan masalah pada ibu hamil dan menyebabkan kondisi kesehatan mereka menjadi lebih sensitif. Pare mengandung banyak komponen alkali seperti kina, saponic, resin, glikosida dan morodicine.

Zat-zat tersebut sangat berbahaya bagi tubuh manusia dan dapat menyebabkan keracunan. Kandungan serat yang ada pada pare juga sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan wanita hamil bermasalah. Jika seseorang untuk pertama kalinya mencoba membuat jus pare, kemungkinan besar mereka akan mengalami kram perut dan grastritis. Berikut adalah beberapa efek samping jus pare apabila dikonsumsi selama kehamilan.

Menyebabkan diare

Apabila dikonsumsi selama kehamilan dapat menyebabkan diare karena tingginya kadar serat yang dimilikinya. Wanita hamil yang mengalami diare tentu saja dalam kondisi bahaya karena banyak cairan yang keluar dari tubuhnya.

Menyebabkan perut nyeri dan kram

Efek samping lainnya yang perlu diwaspadai apabila mengkonsumsi pare adalah, dapat menyebabkan nyeri dan kram dan tentu saja akan meningkatkan resiko kehamilan terutama di daerah perut. Perut ibu hamil bisa mengalami keasaaman konstan dan rasa sakit yang sangat parah.

Muntah-muntah

Muntah-muntah merupakan urusan biasa dalam kehamilan. Akan tetapi apabila diakibatkan oleh mengkonsumsi pare, maka muntah-muntah tersebut akan lebih buruk dan tidak tertahankan.

Baca Juga:  12 Tips Kehamilan Penting yang Wajib Diketahui Wanita

Membuat pandangan menjadi kabur

Komponen alkali yang ada pada pare dapat menyebabkan visi menjadi kabur atau penglihatan kita tidak terang.

Mual

Gejala lain yang ditimbulkan apabila kita mengkonsumsi pare pada saat hamil adalah rasa mual dan perasaan tidak enak yang secara konstan akan membuat wanita lebih menderita.

Air liur ekstra

Komponen alkali dapat menyebabkan seseorang memproduksi air liur dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan biasanya sehingga membuat orang yang mengkonsumsinya tersebut mengalami mual dan dehidrasi. Meskipun ini bukan dampak besar atau efek berbahaya, akan tetapi tetap saja membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman. Terlebih apabila hal tersebut terjadi pada saat hamil.

Melemahkan otot

Sakit dan nyeri bisa semakin memburuk apabila ibu hamil mengkonsumsi jus labu secara rutin. Tentu saja ini bisa sangat berbahaya apabila dikonsumsi pada trisemester pertama kehamilan yang dapat meningkatkan resiko keguguran.

Dapat menyebabkan kelahiran prematur

Efek samping pare pada kehamilan selanjutnya dapat menyebabkan kelahiran prematur karena bisa memancing kontraksi pada beberapa kasus.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.