Efek Latihan Berat pada Perkembangan Janin

Efek Latihan Berat pada Perkembangan Janin

olahraga-hamilPada saat hamil, ini merupakan waktu yang paling ideal untuk memberikan perawatan terbaik dan perhatian terbaik bagi diri sendiri.Baik secara fisik maupun emosional. Karena pada saat hamil kita membutuhkan lebih banyak energi, lebih banyak pengorbanan serta membutuhkan perubahan-perubahan positif.

Anda harus membimbing diri anda untuk menghindari berbagai masalah kehamilan dan komplikasi. Salah satu caranya adalah dengan rutin latihan atau berolahraga. Namun kebanyakan wanita biasanya ragu-ragu untuk melakukan berbagai jenis latihan karena mereka khawatir latihan dapat menyebabkan berbagai masalah atau gangguan selama kehamilan. Namun ada beberapa latihan sederhana yang sebenarnya sangat bermanfaat bagi ibu dan juga janin didalam kandungan. Akan tetapi, tentu saja berbagai latihan dan olahraga yang berat serta berbahaya harus dihindari.

Ada beberapa olahraga yang beresiko baik untuk ibu hamil maupun janin didalam kandungannya sehingga benar-benar harus dihindari. Begitu juga saat anda memutuskan untuk melakukan olahraga selama kehamilan, pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi kehamilan. Karena beberapa wanita yang memiliki resiko tinggi tidak dianjurkan berolahraga sebaliknya, mereka dianjurkan untuk lebih banyak beristirahat. Wanita-wanita yang pernah mengalami keguguran sebaiknya mengurangi jumlah olahraga dan pilihlah cara-cara yang paling aman untuk melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki.

Jika anda bertanya, apakah latihan yang berat selama kehamilan bisa menyebabkan gangguan pada janin di dalam kandungan? Maka jawabannya tentu saja hal tersebut akan sangat berpengaruh. Tidak hanya berbahaya bagi janin, namun olahraga yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan keguguran.

Manfaat berlatih selama kehamilan bertujuan untuk membuat tubuh anda tetap bugar, untuk meningkatkan stamina, untuk menguatkan badan dan untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan. Selain itu, latihan fisik juga akan membuat anda terhindar dari berbagai rasa cemas dan stres.

Baca Juga:  Bagaimana Perokok Pasif Mempengaruhi Bayi yang Belum Lahir

Berikut adalah beberapa latihan yang berpotensi menyebabkan bahaya atau gangguan pada janin.

Overheating

Latihan sudah pasti dapat meningkatkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat hingga batas tertentu dapat membahayakan janin di dalam kandungan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap ibu hamil terutama yang masih berada pada trisemester pertama untuk menghindari kenaikan suhu tubuh yang drastis karena dapat menyebabkan cacat tabung saraf seperti spina bifida pada bayi di dalam kandungan.

Menyebabkan penurunan aliran darah ke rahim

Selama melakukan latihan, aliran darah menuju uterus biasanya akan berkurang. Itulah sebabnya mengapa wanita hamil harus meminta bimbingan dokter dan saran terlebih dahulu sebelum melakukan latihan. Latihan yang baik harus bisa membantu mendistribusikan oksigen dan nutrisi dengan lebih baik menuju janin. Dan tentu saja hal tersebut akan melibatkan aliran darah. Secara tidak langsung memiliki aliran darah yang lancar atau memiliki sirkulasi darah yang lancar akan membuat janin menjadi lebih sehat.

Dapat menyebabkan kurangnya pasokan glukosa kepada janin

Makanan yang kita konsumsi akan diubah menjadi glukosa oleh tubuh dan didistribusikan kepada janin melalui plasenta. Akan tetapi, apabila kita berlatih terlalu keras, hal tersebut justru dapat menurunkan sirkulasi glukosa dalam darah yang akan menghambat pertumbuhan maupun perkembangan bayi. Glukosa merupakan sumber energi yang sangat penting dan dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi apabila tidak tercukupi.

Berat lahir rendah (BBLR)

Latihan yang terlalu berat saat hamil bisa menyebabkan berbagai pengaruh terhadap bayi dan salah satunya dapat menyebabkan mereka lahir dengan berat badan rendah. Olahraga yang terlalu intens terutama pada trisemester terakhir akan menyebabkan bayi tidak mendapat cukup pasokan nutrisi dan lemak sehingga berat badan mereka cenderung rendah pada saat lahir.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.