Efek Diabetes Pada Ibu Hamil Terhadap Bayi di Dalam Kandungan

Efek Diabetes Pada Ibu Hamil Terhadap Bayi di Dalam Kandungan

babyKetika seorang wanita hamil, tubuh mereka mengalami banyak perubahan yang disebabkan karena hormon. Salah satu contohnya, wanita hamil memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi karena tubuh mereka cenderung mengalami peningkatan insulin.

Walaupun kadang-kadang tubuh tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, hal tersebut menyebabkan kadar gula darah tidak teratur. Kemudian berpotensi menyebabkan diabetes selama kehamilan atau diabetes gestasional yang mempengaruhi ibu maupun bayi didalam kandungan. Bahkan mereka yang tidak memiliki riwayat medis diabetes dapat mengalaminya.

Lalu apa efek diabetes pada ibu hamil terhadap bayi yang dikandungnya? Setiap wanita harus menyadari bahwa berbagai penyakit kronis yang diderita oleh ibu akan berpengaruh langsung terhadap bayi karena mereka memiliki darah yang sama. Ada banyak resiko kesehatan yang diderita oleh bayi apabila ibu mengalami penyakit tertentu terutama diabetes.

Diabetes pada ibu hamil biasanya muncul setelah minggu ke-24. Hingga pada saat itu, ibu kemungkinan besar memiliki kadar gula yang normal namun sedikit meningkat. Tes sebaiknya dilakukan untuk mengetahui apakah ibu memiliki diabetes atau tidak. Dengan begitu, anda akan lebih mudah mengantisipasinya sehingga berbagai kemungkinan lain seperti diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari memainkan peranan penting terhadap berbagai penyakit yang diderita oleh ibu khususnya diabetes.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa efek diabetes pada ibu hamil yang akan berpengaruh terhadap bayi.

Efek pertama

Diabetes menyebabkan bayi berada dalam resiko kesehatan yang rentan. Hal ini bisa mempengaruhi perkembangan organ bayi di dalam rahim dan mengakibatkan pembesaran jantung. Diabetes pada umumnya terjadi pada trisemester kedua dan beberapa isu tersebut berkembang selanjutnya.

Baca Juga:  Mengapa Ibu Hamil Wajib Menghindari Pertengkaran?

Efek kedua

Diabetes apabila sangat parah dapat menyebabkan kelahiran prematur dan bahkan akan dipaksakan operasi oleh dokter terutama apabila dokter hal ini membahayakan janin didalam kandungan.

Praktisi medis seperti dokter biasanya akan memantau bayi dan ibu sebelum sampai pada waktu melahirkan. Dan mereka cenderung mengetahui apa saja yang terbaik untuk anda.

Efek ketiga

Diabetes pada ibu hamil memiliki efek lain yang juga harus diwaspadai. Kehamilan normal bisa saja dilakukan oleh ibu hamil yang mengalami diabetes namun resikonya sangat besar sehingga mewajibkan mereka untuk melakukan operasi caesar sebagai jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut. Yang paling dikhawatirkan apabila ibu memaksakan diri melakukan persalinan dengan cara normal adalah apabila bayi terjebak pada saat bersalin, sehingga dapat menimbulkan bahaya seperti distosia bahu dan bahkan bisa terjadi setelah kepala muncul.

Efek keempat

Gula darah rendah pada saat lahir bisa dialami oleh bayi karena mereka berupaya untuk mengendalikan kadar gula darah sebelum lahir. Apabila gula darah bayi jatuh drastis, hal tersebut bisa menimbulkan komplikasi dan kerusakan otak.

Efek kelima

Efek bahaya diabetes pada ibu hamil yang dapat mempengaruhi bayi adalah, berkembangnya penyakit-penyakit serius pada bayi setelah dilahirkan seperti gangguan pernapasan, mengalami kekurangan kalsium dan magnesium, dapat menyebabkan penyakit kuning, dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah ini, bayi sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang banyak mengandung mineral sesuai dengan resep dokter.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.