Cara Terbaik Mengatasi Kesulitan Tidur Saat Hamil

Cara Terbaik Mengatasi Kesulitan Tidur Saat Hamil

tidur-2Tidur sudah pasti sangat penting. Tidak hanya untuk ibu hamil melainkan juga untuk wanita dan orang-orang yang tidak hamil. Karena tidur adalah salah satu cara tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. Terlepas dari itu semua, khusus untuk ibu hamil, tidur merupakan kebutuhan yang tidak boleh diabaikan.

Tidur selama kehamilan memiliki dampak yang sangat besar dalam menjaga agar kehamilan bebas dari resiko dan gejala seperti mulas, mual, gangguan pencernaan dan lain-lain.

Pada trisemester pertama, biasanya ibu hamil rentan dan sering mengalami mual. Secara berangsur-angsur akan berkurang saat memasuki trisemester kedua dan ketiga. Namun, pada trisemester kedua dan ketiga, beberapa masalah biasanya muncul seperti, buang air kecil secara konstan dan sembelit juga sering menyerang.

Masalah tidur harus menjadi perhatian khusus wanita hamil karena dampaknya pada kesehatan dirinya maupun bayi yang sangat besar. Beberapa efek yang dikhawatirkan apabila ibu kurang tidur antara lain, berat badan lahir rendah pada bayi, nyeri ketika melakukan persalinan, post partum atau pra partum depresi, sistem kekebalan tubuh yang menurun, meningkatkan resiko peradangan, dapat menyebabkan kelahiran prematur, dan beberapa masalah yang lainnya.

Untuk tidur dengan nyaman, beberapa tips berikut ini semoga saja bisa membantu.

Atasi masalah kencing

Jika tidur anda sering terganggu karena selalu ingin buang air kecil, anda harus berlatih mengosongkan kandung kemih pada saat buang air kecil dengan sedikit berjongkok ke depan dan berlatih senam kegel serta mengurangi asupan cairan pada saat malam.

Mengatasi rasa mulas

Mula atau refluks asam juga sering dialami oleh ibu hamil pada saat tidur. Anda harus memperhatikan posisi tidur anda. Tidur dengan posisi miring ke kiri, dan menaikkan sedikit bagian dada serta kepala akan membantu anda terhindar dari refluks asam.

Baca Juga:  Mengenal dan Mengetahui Efek Kafein pada Kehamilan

Selain itu, hindarilah makanan berat pada saat malam dan gantilah dengan segelas susu dingin atau segelas susu hangat yang mudah dicerna.

Mengatasi gelisah

Apabila anda sering merasa gelisah, cobalah tidur dengan sisi sebelah kiri tubuh anda karena hal tersebut akan melancarkan aliran darah di tubuh anda serta jangan lupa menambah bantal extra untuk membuat tidur anda lebih nyaman.

Atasi sakit kepala

Gejala sakit kepala juga umum dialami oleh ibu hamil dan dapat mengganggu waktu beristirahat mereka. Anda bisa memanfaatkan beberapa hal untuk mengurangi sakit kepala misalnya dengan memberikan pijatan.

Mengatasi payudara yang sakit

Perubahan yang di lakukan oleh hormon terhadap tubuh wanita saat hamil memang sangat luar biasa dan tidak hanya kondisi fisik, namun kondisi mental juga sangat terpengaruh.

Salah satu bagian tubuh yang banyak berubah adalah bagian payudara. Biasanya payudara akan berubah menjadi lebih besar dan menjadi sangat sakit. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah menggunakan bra yang lebih lembut dan tidak menggunakan kawat. Selain itu tidurlah dengan sisi tubuh sebelah kiri kemudian tempatkan bantal di bawah kaki. Kadang-kadang, memijat payudara juga bisa membantu meringankan gejala tersebut.

Mengatasi kram otot

Pentingnya tidur selama kehamilan juga tidak boleh diabaikan mengingat berbagai gejala kehamilan menyebabkan wanita kesulitan mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Salah satu yang juga harus dihindari adalah kram otot. Untuk mengatasi masalah ini, anda diminta untuk sering memijat kaki dan buatlah otot anda menjadi lebih rileks.

Mengatasi hidung tersumbat

Agar tidur anda lebih nyaman, anda bisa menggunakan tambahan bantal agar leher anda sedikit bengkok dan hidung tersumbat bisa teratasi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.