Cara Mudah dan Terbaik untuk Mengelola Nyeri Saat Bersalin

Cara Mudah dan Terbaik untuk Mengelola Nyeri Saat Bersalin

bersalinMenjadi orang tua adalah sebuah tugas dan beban yang tidak pernah mudah. Mengabdikan diri sepenuhnya untuk membesarkan anak dengan metode terbaik terkadang sangat sulit terlebih jika ada campur tangan orang lain yang bertentangan dengan metode anda. Saat kita berbicara mengenai menjadi orng tua, kita juga harus berbicara mengenai rasa sakit yang mereka rasakan saat melahirkan dan membawa anaknya ke dunia ini.

Ketika anda melahirkan anak melalui rahim, berbagai kesulitan dan rasa sakit tersebut tentu saja tidak terkira perihnya.

Tidak hanya itu, ketika hamil, wanita juga mengalami berbagai gejala mulai dari morning sickness, sembelit dan lain-lain. Tapi semua itu tidak lebih menyakitkan daripada sakit saat bersalin.

Tidak ada orang yang mampu membayangkannya hingga mereka merasakannya sendiri. Karena bersalin sangat sakit, banyak dokter yang sudah mulai menerapkan berbagai metode untuk meringankan rasa sakit saat bersalin mulai dari menerapkan teknik pernafasan, relaksasi, obat-obatan dan lain-lain. Dan, hasilnya bisa kita rasakan saat ini dimana kebanyakan ibu hamil yang melahirkan rata-rata aman dan selamat sehingga umur mereka lebih panjang. Berkebalikan dengan zaman dahulu dimana banyak ibu-ibu yang mati saat melahirkan.

Ada beberapa tips menarik mengenai cara untuk mengelola nyeri saat bersalin yang bisa anda terapkan pada diri sendiri. Dan, berikut adalah beberapa diantaranya.

Pernapasan

Anda pasti sudah tahu bahwa pernapasan bisa membantu kita mengatasi berbagai penyakit termasuk juga rasa sakit dan perih. Cara bernafas tertentu dengan metode teratur yang dalam dan di rilis secara perlahan akan membuat rasa sakit bisa ditekan.

Selain itu, bernapas dengan cara yang benar akan membuat anda menjadi lebih tenang termasuk dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi stres dan rasa cemas menjelang persalinan.

Baca Juga:  9 Tips Membebaskan Diri Dari Stres saat Menjadi Ibu

Aktiflah bergerak

Cara mengurangi rasa sakit saat persalinan adalah dengan membuat tubuh anda aktif bergerak selamat kehamilan. Tidak hanya itu, menjelang persalinan, aktif bergerak juga akan membantu memperlancar dan mempermudah bayi keluar dari rahim.

Berendam dalam sebuah bak

Di luar negeri sudah banyak metode melahirkan yang diterapkan untuk mengurangi rasa sakit dan salah satunya diberi nama water birth. Ini adalah metode melahirkan yang dilakukan dengan berendam di bak mandi yang airnya hangat untuk membuat tubuh anda menjadi rileks dan santai sehingga rasa sakit persalinan bisa dikurangi.

Pemijatan

Pemijatan juga merupakan salah satu metode yang mengagumkan dalam mengurangi rasa nyeri persalinan. Cara ini juga efektif untuk diterapkan. Anda bisa secara perlahan menggosok tangan anda, kaki dan bahu untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit. Selain itu, pasangan anda juga bisa membantu memberikan pijatan-pijatan lembut pada anggota badan tertentu seperti di bahu.

Manfaatkan minyak atsiri

Ini adalah salah satu minyak ajaib yang juga bisa membantu mengelola rasa nyeri saat bersalin, apabila di hirup dapat memberikan rasa tenang. Selain itu, anda juga bisa menempatkan berapa tetes di bak mandi untuk memberikan aroma yang segar dan gunakanlah untuk mandi sebelum persalinan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.