Cara Mengatasi Muntah/Gumoh pada Bayi


Cara mengatasi muntah/gumoh pada bayi –
biasanya dicari-cari oleh para orang tua sebab khawatir si kecil mengalami kondisi yang parah. Namun ternyata hanya sedikit kasus muntah atau gumoh yang mengindikasikan bahwa terdapat masalah yang serius pada bayi. Muntah atau gumoh pada bayi tak perlu terlalu dikhawatirkan karena kondisi tersebut tidak menandakan terdapat gangguan kesehatan yang terlalu serius pada si kecil. Sebelum ke cara mengatasi muntah pada anak bayi yang perlu ditekankan pada para orang tua adalah tidak perlu panik menimbang fakta tentang muntah di atas.

Cara Mengatasi Muntah/Gumoh pada Bayi Dimulai dengan Mencari Penyebab

Baik pada bayi maupun orang dewasa, muntah atau gumoh adalah sebuah proses dimana tubuh sedang dipaksa mengeluarkan makanan berbentuk padat ataupun cairan yang diminum dari lambung. Perbedaannya adalah, jika muntah selalu dalam jumlah banyak dan dibarengi dengan dorongan dan/atau tanpa kontraksi pada lambung. Jika muntah bersifat aktif, maka gumoh bersifat pasif serta spontan mengalirkan air ke bawa, entah itu sedikit seperti ludah atau banyak cairan lain.

Tips Cara Mengatasi Muntah/Gumoh pada Bayi

Cara mengatasi muntah atau gumoh pada bayi yang pertama adalah memposisikan bayi dalam posisi tegak selama kurang lebih 30 menit setelah disusui. Jangan sekali-kali menyusui bayi pada posisi berbaring.

Cara mengatasi muntah/gumoh pada bayi yang selanjutnya adalah menghindari rangsangan dari kegiatan yang berlebihan usai menyusui. Berikan ASI dalam jumlah yang sedikit namun sering, dilarang memberikannya secara spontan dan dalam jumlah yang banyak.

Segera sendawakan si kecil setelah disusui. Semakin sering bersendawa semakin bagus. Hal tersebut menandakan pengurangan jumlah angin dalam lambung yang rawan merangsang muntah.

Baca Juga:  Mengetahui Ciri Infeksi Telinga pada Bayi

Untuk dot, buat lubangnya tidak terlalu lebar juga tidak terlalu kecil. Sebab bila terlalu lebar, jumlah susu yang tersedot mulut akan terlalu banyak dan merangsang gumoh, sedangkan jika terlalu kecil dikhawatirkan susu susah mengalir, mulut si kecil kelelahan dan gampang juga merasa gumoh.

Yang terakhir, untuk membantu cairan turun ke bawah, posisikan si kecil dalam konsisi kepala lebih tinggi daripada kaki. Begitulah beberapa cara mengatasi muntah/gumoh pada bayi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.