Cara Mengatasi Diare dan Mencet Pada Balita Secara Alami


Cara Mengatasi Diare / Mencret Pada Balita
dan anak yang masih kecil adalah dengan langsung memberikan penanganan langsung pada balita bunda. Mencret atau Diare pada balita adalah penyakit balita di mana feses balita menjadi cair dan lembek, dan biasanya sering terjadi pada sang buah hati sedikitnya 3 kali BAB dalam sehari. Ciri feses pada balita di bawah satu tahun, cairannya berwarna hijau dan berlendir, sementara balita tidak mengkonsumsi makanan hijau atau sayuran.

Penyebab dan Cara Mengatasi Diare / Mencet Pada Balita

Penyebab dari diare pada balita diakibatkan oleh beberapa faktor seperti :  Infeksi Parasit, virus, kuman atau sejenis bakteri, keracunan makanan tertentu, terlalu banyak mengkonsumsi minuman jus buah, alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu. Makanan ataupun minuman yang tidak sesuai dengan kondisi usus dan tubuh balita akan menyebabkan balita bunda akan terkena diare.

Jika balita yang sudah dapat mencerna beberapa makanan padat, sebaiknya hindari memberi makanan berserat tinggi, berminyak, makanan yang manis dsb. Cara Mengatasi Diare / Mencet Pada Balita yaitu;

Cara Mengatasi Diare / Mencet Pada Balita Dengan Obat Herbal

Cara Mengatasi Diare / Mencet Pada Balita yang pertama adalah gunakan obat herbal atau alami, caranya adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Langkah pertama cara mengatasi mencret pada bayi secara alami dengan, :

cucilah 5 lembar daun jambu biji dan buah jambu biji muda atau pentil jambu biji.
Rendam daun tersebut dalam wadah yang telah diisi air hangat, selama dua menit.

Haluskan daun dengan cara di tumbuk, lalu peras, ambil ekstraknya kira-kira 1 sdm tambahkan sedikit garam halus, kemudian campurkan 3 tetes Propolis didalamnya. Campuran obat herbal ini berikan 2x setiap hari.

Baca Juga:  Bunda Inilah Tanda & Gejala Ketika Bayi Tumbuh Gigi

Baca Juga : Tips dan Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Cara mengatasi mencret pada bayi diatas akan meredakan diare bayi. Penting juga untuk selalu memberikan minuman selalu pada bayi, karena balita yang diare akan dehidrasi dan banyak kehilangan cairan. Jika diare bertambah parah seperti muntah-muntah dan BAB lebih dari 7 kali sehari, maka sebaiknya dibawa ke dokter untuk di periksa.

Beberapa kasus tertentu menyebutkan bahwa diare merupakan salah satu kasus yang paling umum atas kematian balita setiap tahunnya. Oleh sebab itu kenali ciri dan Cara Mengatasi Diare / Mencet Pada Balita ini kepada balita bunda jika tidak menginginkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.