Cara Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Menyusui


Cara Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Menyusui –
dapat bunda lakukan untuk mengatasi bayi yang tidak mau menyusui. Ada berbagai faktor mengapa si kecil tiba-tiba tidak mau menyusui sehingga kadang membuat sang ibu bingung. Si kecil memang tidak bisa menyampaikan dengan kata-kata mengapa perilaku ‘mogok’ ini tiba-tiba datang, padahal pada waktu sebelumnya sang buah hati merasa sah-sah saja dalam mengisap ASI langsung dari ibu. Berikut adalah alasan dan cara mengatsi bayi sang bunda agar kembali menyusui;

Cara Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Menyusui Pola Pembiasaan Menyusu

Cara Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Menyusui yang pertama yaitu : apabila si kecil sudah dibiasakan dengan meminum ASI perah menggunakan botol Dot, maka besar kemungkinan bahwa bayi sudah merasa nyaman dengan botol dot tersebut sehingga ketika di tawarkan ASI si kecil menolak, karena tidak sesuai dengan cara ia mengkonsumsi ASI sebelumnya.

Tips menyusui untuk bunda adalah adalah dengan perlahan membiarkan sang bayi mengenali cara menyusui dengan menghisap langsung ASI dari puting susu ibu, intinya adalah pembiasaan kembali.

Cara Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Menyusui Bersihkan Payudara Bunda

Cara Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Menyusui yang kedua adalah, tidak mengoleskan salep luka atau obat-obatan apa saja pada puting susu ketika akan menyusui.  Jika si ibu mengoleskan obat salep atau apa saja ke payudara karena lecet dari proses menyusui kepada bayi, bisa jadi obat tersebut memberika rasa yang berbeda kepada ASI yang dikonsumsi, akibatnya bayi menjadi ‘mogok’ untuk menyusu.

Sebelum menyusui sebaiknya cuci terlebih dahulu puting dan payudara sang ibu, kemudian keringkan dengan menggunakan tisu agar sang buah hati mau menyusu kembali. Bisa jadi juga karena bau parfum atau ibu yang belum mandi sehingga membuat aroma sang ibu tidak disukai oleh si kecil, dan membuatnya tidak nyaman.

Baca Juga:  9 Tips Membebaskan Diri Dari Stres saat Menjadi Ibu

Cara yang ketiga adalah dengan mendiamkan sebentar atau mengajaknya bercanda. Mungkin bayi anda tidak ingin disusui karena masih merasa kenyang, dan membuatnya masih ingin terjaga.

Sedangkan ia menyadari bahwa menyusui akan membuatnya cepat terlelap. Ibu yang sedang dalam mood yang tidak baik atau stres, biasanya berpengaruh juga dengan cara ibu menyusui serta akan membuat si kecil ‘merasakan’ emosi sang ibu. Ikatan batin ibu dan bayinya inilah yang bisa jadi menyebabkan si kecil menolak disapih. Itulah Cara Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Menyusui.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.