Cara Efektif Mengatasi Demam Panas Pada Bayi


Mengatasi demam panas pada bayi
– Bisa dilakukan oleh para orang tua dimana saja, tanpa perlu dibawa ke dokter, apalagi jika baru gejala-gejala awal. Yang perlu dipahami adalah jika demam itu sendiri bukanlah penyakit.

Demam adalah sinyal bahwa sistem pertahanan tubuh bayi sedang bekerja dengan aktif melawan virus yang sedang menyerang tubuhnya. Bila tubuhnya bisa menang atas infeksi virus tersebut, suhu tubuhnya akan berangsur-angsur normal kembali dengan sendirinya.

Gejala demam adalah tubuh bayi terasa hangat. Jika diukur suhu naik 0,5 derajat. Suhu tubuh normal ialah 36 derajat. Maka jika suhu tubuh bayi lebih dari 37 derajat maka bayi sudah mengalami demam. Kondisi seperti ini akan membuat anak gelisah dan stamina tubuh menurun drastis. Berikut cara-cara efektif untuk mengatasi demam panas pada bayi.

Mengatasi Demam Panas Pada Bayi di Rumah

Cara pertama mengatasi demam panas pada bayi yang bisa dilakukan oleh Bunda adalah ukur suhu tubuhnya. Bisa dilakukan dengan pengukuran termometer pada bagian ketiak, telinga, atau anus.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Flu pada Bayi

Jangan lakukan pengukuran seusai bayi mandi sebab suhu tubuh setelah mandi adalah suhu tubuh normal/yang sebenarnya. Pada pengobatan demam pada bayi yang sudah terdeteksi lebih dari 37 derajat, segera lakukan pengompresan dengan menggunakan kain yang dibasahi air bersuhu normal (tak terlalu dingin atau terlalu panas).  Susui bayi sesering mungkin agar bayi tak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Pakaikan baju bayi yang tipis dan tempatkan bayi pada ruangan yang nyaman, bersirkulasi udara baik sehingga suhunya tidak pengap atau panas.

Mengatasi Demam Panas Pada Bayi pada Dokter

Untuk mengatasi demam pada bayi 1 bulan atau di bawahnya, jika suhu tubuh melebihi 38 derajat celcius, maka orang tua perlu segera membawanya ke dokter. Tanda lainnya adalah sudah tak mau menyusu. Jika sampai dehidrasi tandanya adalah air pipisnya sedikit dan berwarna keruh.

Baca Juga:  Mendeteksi Gejala Flu pada Anak-Anak

Jika bayi terus menangis, lemas dan susah dibangunkan tidurnya, atau sesak napas—bahkan muntah karena diare, segera bawa ke dokter untuk mengatasi demam panas pada bayi Bunda itu.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.