Cara Ampuh Mengatasi Flu pada Bayi


Mengatasi flu pada bayi
? Bagaimana caranya? Tenang, Bunda. Kunci utamanya adalah tak perlu panik. Flu pada bayi bermula pada gejala seperti hidung tersumbat sehingga mengganggu pernapasan si kecil. Beberapa penyebabnya adalah pola makan yang tak teratur, tidak mau menyusu, atau pola tidur yang keliru.

Cara Mengatasi Flu pada Bayi Lewat Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Salah satu cara mengatasi flu pada bayi dengan metode preventif ini adalah dengan membuat kondisi tidur si kecil dengan senyaman mungkin.  Cara mengatasi flu pada bayi 2 bulan tak jauh berbeda dengan yang 4 bulan.

Pada usia kurang dari 6 bulan ini Bunda tidak boleh menyepelekan permasalahan hidung tersumbat sebab kondisi tersebut jika dibiarkan dan diperparah akan mengancam jiwa si kecil. Hidung tersumbat bayi tak bisa disamakan dengan gejala yang sama pada orang dewasa.

Cara Mengatasi Flu pada Bayi Lewat Penanggulangan

Untuk tindakan penanggulangan dalam rangka mengatasi flu pada bayi, pertama kali Bunda bisa memakai obat tetes mata. Karena penggunaan obat ini cukup riskan, maka sebaiknya Bunda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter atau apoteker, bagaimana cara memakainya yang aman.

Baca Juga : Mendeteksi Gejala Flu pada Anak-Anak

Untuk mengatasi flu pada bayi 7 bulan, penggunaan obat ini lebih tidak beresiko ketimbang penggunaan pada bayi di bawah 6-7 bulan, namun harus tetap pada tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Cara kedua Bunda bisa menggunakan larutan garam.
Larutan ini dimasukkan ke dalam pipet, dan teteskan sebanyak 2-3 tetes ke dalam hidung si kecil. Beberapa menit kemudian lendir di dalam hidung akan melunak. Bunda bisa menyedot cairan lendir yang melunak itu dengan memakai aspirator bayi.

Baca Juga:  Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah? Kenali Penyebabnya

Aspirator ialah perangkat berbentuk bulat yang berfungsi menghisap cairan dari lubang hidung bayi dengan aman.

Jika tidak memiliki aspirator, bisa memakai solusi berikut: angkat posisi tidur si kecil, lalu tempatkan bantal yang kecil dan nyaman. Posisi ini mirip seperti ketika menempatkan si bayi pada kursi mobil pada posisi miring.

Tujuan dari posisi ini adalah agar lendir keluar pelan-pelan dengan sendirinya. Nanti tinggal tugas Bunda untuk membersihkannya dari hidung si kecil sedikit demi sedikit. Semoga Bunda bisa mengatasi flu pada bayi Bunda dengan baik.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.