Bunda Inilah Tanda & Gejala Ketika Bayi Tumbuh Gigi

 
Mengenal Tanda & gejala ketika bayi tumbuh gigi – berbeda-beda dari setiap bayi. Tapi biasanya pertumbuhan awalnya dimulai saat bayi menginjak usia antara 4 sampai 6 bulan.  Tapi itu bukan acuan standar untuk mengenal tanda dan gejala bayi tumbuh gigi.  Bahkan Bunda pun tak bisa memprediksi kapan buah hatinya akan tumbuh gigi. Untuk itu lah dalam artikel ini akan diulas mengenai tanda-tanda atau gejala ketika gigi sudah mulai tumbuh pada si kecil. Prosesnya lagi-lagi tergantung pada masing-masing bayi. Ada yang menganggapnya sebagai proses yang menyakitkan, namun ada juga yang melewatinya dengan sambil lalu.

Beberapa Tanda & Gejala Ketika Bayi Tumbuh Gigi

Bunda Berikut Tanda & gejala ketika bayi tumbuh gigi diantaranya :

pertama adalah, si kecil mengeluarkan banyak air liur. Peristiwa ini terjadi ketika bayi berusia sekitar 10 minggu sampai 3 atau 4 bulan. Air liur diproduksi secara banyak sebagai rangsangan dari gigi yang sedang bertumbuh.

Dari air liur yang banyak itu, kemungkinan besar akan muncul ruam kulit yang kering, muncul di sekitar area dagu dan sekitar area mulut. Kontak langsung antara air liur dan kulit pada akhirnya memunculkan ruam sebagai gejala tumbuh gigi pada bayi.

Kedua adalah Demam & batuk pada bayi. Ini juga akibat dari produk air liur yang banyak sehingga membuat bayi gampang tersedak. Akan menjadi tanda yang mengkhawatirkan jika batuk ini disertai dengan tanda-tanda flu, alergi, ataupun pilek.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Flu pada Bayi

Tekanan yang disebabkan oleh keluarnya gigi melalui gusi akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan tersebut pada ahirnya membuat bayi menggigit-gigit benda-benda di sekitarnya, mulai dari putting susu (pada bayi yang sedang disusui), pada jari Bunda, atau pada mainan yang biasanya dibuat khusus untuk bayi yang sedang tumbuh gigi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Diare pada Anak Balita

Tanda & Gejala Ketika Bayi Tumbuh Gigi yang Lain

Rasa sakit bisa muncul akibat dari radang yang muncul pada jaringan lunak pada gusi ketika gigi sedang tumbuh pada bayi. Namun ini kasuistik. Pada bayi lain mungkin tak terasa sakit.

Yang paling menyakitkan biasanya gigi pertama yang tumbuh (gigi geraham terkenal sebagai gigi yang pertumbuhannya paling menyakitkan pada bayi). Penjelasan-penjelasan tersebut adalah tanda & gejala ketika bayi tumbuh gigi sebagai panduan untuk Bunda.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.