Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi? Dan Cara Mengatasinya

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi? Dan Cara Mengatasinya

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi? Pada umumnya kasus anak lahir dengan tanda berwarna merah pada bayi disebut dalam dunia medis adalah Strawberry Hemangioma. Tanda lahir ini merupakan kelainan secara vaskular pada kulit balita dengan ditandainya adanya pertumbuhan bercak berwarna merah dan timbul pada permukaan kulit. Pada umumnya, Strawberry Hemangioma memiliki bentuk jaringan berongga dan tepian yang halus. Hal seperti ini mungkin akan membuat bunda bertanya apakah bercak kemerahan pada kulit bayinya akan membahayakan nyawa si kecil.

dermatitis

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi? Strawberry Hemangioma

Strawberry Hemangioma biasanya ditemukan pada bagian wajah atau leher anak baru lahir, dan memiliki kasus yang berbeda di setiap anak, dapat terlihat di beberapa bagian tubuh setiap balita. Kasus ini sering terjadi pada balita dengan 1 : 10 kasus kelahiran anak, dan sering dialami oleh anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki. Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi? Umumnya tanda lahir kemerahan ini akan menghilang ketika anak berusia 10 hingga 13 tahun, dan 90% tidak menghilangkan bekas sama sekali. Namun beberapa sumber lain mengatakan bahwa Strawberry Hemangioma kadang meninggalkan bekas jaringan parut.

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi? Tidak Berbahaya

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi? Sebagian besar tanda lahir tidak akan membahayakan kesehatan si kecil, sekalipun begitu jika terjadi hal seperti ini dan mengganggu ibu, bunda bisa mengkonsultasikan hal ini pada dokter anak, apakah dibutuhkan penanganan lebih lanjut atau tidak. Cara yang cukup baik adalah dengan membiarkan tanda ini hilang dengan sendirinya, kecuali jika tanda lahir kulit merah ini terus tumbuh dan mengganggu kesehatan si kecil, apalagi tumbuh di bagian wajah dan mengganggu penglihatannya.

Baca Juga:  Kenali Bayi Tersenyum Saat Tidur – Ini Dia Penyebabnya

Tanda lahir Strawberry Hemangioma memiliki bentuk menonjol dan memiliki warna seperti buah stroberi, ukurannya juga berbeda-beda. Bentuknya bisa seperti titik kecil atau bintik pada kulit, bisa juga sebesar alas gelas. Penanganan lainnya pada kasus seperti bisa juga dihilangkan dengan teknik laser atau dengan operasi, atau dengan keduanya, namun sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter ahli. Itulah beberapa solusi untuk menjawab pertanyaan bunda Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi?

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.