Bagaimana Cara Membantu Wanita Melahirkan?

Bagaimana Cara Membantu Wanita Melahirkan?

persalinanMelahirkan atau bersalin adalah pengalaman yang luar biasa. Ini adalah paradoks yang unik dan membutuhkan dukungan dari orang lain. Jika anda tahu bahwa, membantu wanita melahirkan, atau apabila anda diundang untuk mendukung wanita tersebut, maka hal itu adalah tindakan yang sangat mulia. Namun tidak banyak yang tahu bahwa mendukung seorang wanita melahirkan tidaklah mudah.

Mendukung atau membantu seorang wanita melahirkan mengharuskan orang tersebut mengetahui beberapa cara dan tips dalam proses persalinan terlebih dahulu.

Melahirkan akan membuat wanita menjadi panik dan cenderung kehilangan kendali. Jadi, jika seseorang belum memiliki pengalaman dalam membantu proses persalinan, atau belum pernah menyaksikannya langsung, maka hal tersebut akan membuatnya sangat bingung. Bahkan, orang yang membantu terkadang bisa saja membuat segala sesuatunya menjadi lebih buruk dan lebih tegang sehingga beresiko untuk ibu yang sedang melahirkan.

Sebelum anda ikut membantu proses melahirkan, ada beberapa tips menarik yang bisa anda manfaatkan sebagai bekal. Sehingga, bukannya membuat proses persalinan menjadi sulit, anda sebaliknya akan bisa memberikan dukungan dan bantuan lebih.

Bersiap-siap

Kelahiran anak adalah proses alami yang tidak terduga dan terkadang bisa saja terjadi kapan saja. Terkadang bisa maju beberapa minggu atau bisa juga mundur beberapa minggu. Jadi, apabila anda diundang untuk menemani atau membantu, sangat penting untuk selalu mempersiapkan diri dan mempersiapkan tas di rumah.

Hindari berbagi pengalaman

Jika anda sedang membantu wanita bersalin, maka sebaiknya hentikan cerita mengenai pengalaman anda melahirkan. Alasannya, anda mungkin berpikir bahwa pengalaman anda akan membuat mereka menjadi lebih nyaman, akan tetapi sebenarnya yang terjadi adalah sebaliknya. Hal tersebut bisa saja hanya akan memperburuk dan membuat ketegangan menjadi lebih intens.

Baca Juga:  12 Tips Kehamilan Penting yang Wajib Diketahui Wanita

Jadilah pendampingnya

Pada saat wanita melahirkan, mereka membutuhkan seseorang untuk mendukungnya. Ada disisinya akan membuatnya merasa lebih tenang sehingga kehadiran anda akan berefek positif.

Bicarakan hal positif

Terus memberikan semangat dalam proses kelahiran dengan membicarakan hal-hal positif akan membantu menenangkan wanita yang sedang bersalin tersebut. Dengan mengingatkannya mengenai betapa bangganya ia menjadi seorang ibu akan membuatnya menjadi lebih kuat.

Buat ia lebih fokus

Ini merupakan salah satu puncak dari rasa sakit yang akan dirasakan ibu hamil. Pada saat mereka melahirkan, mereka akan kehilangan fokus dan sulit berkonsentrasi karena tekanan yang ada. Oleh sebab itu, pastikan anda bisa membantu memberikan fokus yang lebih baik dengan menjadi tenang atau berbicara positif.

Jadilah lebih lembut

Kadangkala, seorang wanita yang melahirkan mengalami masalah seperti tidak bisa menemukan irama yang tepat untuk bernapas, atau merasakan sakit sehingga dia berteriak-teriak, namun semua itu tidak boleh ditanggapi dengan kasar karena justru akan memperburuk keadaan. Apapun yang dialami oleh ibu saat melahirkan pastikan anda tetap lemah lembut dalam menghadapinya.

Pastikan tangan anda steril

Proses melahirkan melibatkan banyak hal termasuk luka dan juga bayi. Pastikan tangan anda steril karena berbagai jenis bakteri atau infeksi sangat mudah mengancam. Cuci tangan anda dengan sabun hingga bersih sebelum membantu persalinan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.