Aturan Makan untuk Ibu Hamil Saat Pesta (Kondangan)

Aturan Makan untuk Ibu Hamil Saat Pesta (Kondangan)

beauty-pregnant-2Makanan sangat penting selama kehamilan. Dan makanan seharusnya bisa memenuhi kebutuhan ibu serta bayi di dalam kandungan. Setiap kali akan mengkonsumsi sesuatu, seorang ibu hamil harus berhati-hati karena makanan-makanan yang mereka masukkan ke dalam perut akan diberikan juga kepada bayi di dalam rahim.

Pada musim musim tertentu dimana kita sering diundang untuk datang ke rumah-rumah tetangga dalam rangka syukuran dan lain-lain, ada banyak makanan yang bisa dipilih dan disajikan. Akan tetapi, sebagai ibu hamil anda tetap harus bisa menjaga diri dan memilih makanan yang tepat untuk anda.

Berbagai jenis makanan mewah terkadang tidak sehat dan tidak baik untuk ibu hamil. Memang sulit untuk menolak namun makanan-makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak.

Berikut adalah beberapa tips (aturan) aman untuk ibu hamil pada saat mengkonsumsi makanan-makanan di tempat pesta.

Tips pertama

Pastikan anda mencuci tangan hingga bersih sebelum mengkonsumsi makanan apapun. Karena pada saat anda pergi ke pesta-pesta tertentu seperti pesta pernikahan, atau yang lainnya, kemungkinan besar akan duduk terlebih dahulu di kursi dan meja yang sudah digunakan oleh beberapa orang sebelumnya. Jadi agar anda tetap higenis, cucilah tangan terlebih dahulu.

Sedangkan bagi anda yang melakukan perayaan dengan menyediakan berbagai makanan untuk para tamu, setelah anda menyentuh daging mentah, setelah menyentuh ikan dan berbagai jenis sayuran anda juga harus mencuci tangan dengan sabun. Karena baik sayuran, daging dan ikan mentah sangat mudah terkena bakteri.

Tips kedua

Apabila anda disajikan makanan-makanan berupa daging unggas, pastikan daging tersebut dimasak hingga matang. Anda bisa menghancurkannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Apabila daging tersebut tampak belum matang di bagian dalam atau masih terdapat bekas (jejak) darah, pastikan anda tidak mengkonsumsinya. Daging yang tidak dimasak dengan benar biasanya mengandung kuman seperti E.coli dan toksoplasma. Baik kuman e.coli dan toksoplasma dapat menyebabkan kelainan pada bayi.

Baca Juga:  10 Penyakit yang Terkait dengan Kehamilan

Tidak hanya daging, namun anda juga harus memperhatikan telur. Telur setengah matang atau yang tidak dimasak hingga matang sebaiknya dihindari, begitu juga dengan ikan.

Tips ketiga

Ingatlah bahwa, selama kehamilan tidak dianjurkan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Sehingga, anda harus memperhatikan jumlah makanan yang anda konsumsi serta makanan apa saja yang anda pilih.

Makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan gula darah dan tekanan darah naik sebaiknya dihindari selama berpesta. Begitu juga dengan minuman-minuman manis.

Tips keempat

Sebaiknya anda menghindari berbagai makanan mentah seperti lalapan atau makanan yang tidak dipasteurisasi karena cenderung mengandung banyak bakteri yang berbahaya untuk kehamilan, terutama bagi janin di dalam rahim. Hindarilah sirup dan berbagai jenis jus. Selain itu, telur mentah juga sepenuhnya harus dihindari. Ini adalah aturan makan untuk ibu hamil selama berpesta yang sebaiknya anda ingat agar tidak membahayakan anda maupun bayi di dalam kandungan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.