Apakah Minyak Jarak Aman untuk Menginduksi Persalinan?

Apakah Minyak Jarak Aman untuk Menginduksi Persalinan? Minyak jarak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penggunaan utamanya adalah untuk obat pencahar atau untuk mengatasi sembelit. Dan seperti yang kita tahu bahwa sembelit merupakan salah satu penyakit atau gejala yang sering dialami oleh ibu hamil. Gangguan pencernaan ini hampir dialami oleh setiap wanita hamil terutama pada trisemester ketiga.

manfaat-minyak-jarak-castor-dan-minyak-kelapa-untuk-rambut_1

Minyak jarak dapat merangsang gerakan peristaltik pada usus yang menyebabkan iritasi dan kemudian menyebabkan seseorang buang air besar lebih mudah. Namun lebih dari itu, ternyata minyak ini juga menyebabkan kram, mual, muntah dan lain-lain.

Jadi bisa dipastikan bahwa menggunakan minyak jarak untuk menginduksi persalinan bukankah ide yang baik mengingat adanya beberapa efek samping tersebut. Ini bisa membuat ibu menjadi sakit. Dan bahkan dapat menyebabkan dehidrasi, kram usus, janin berada pada kondisi gawat, muntah-muntah dan lain-lain.

Pada zaman dahulu, minyak jarak sering digunakan untuk menginduksi persalinan karena dapat menyebabkan kontraksi rahim. Namun seiring dengan kemajuan ilmu kedokteran, tidak dianjurkan menggunakan minyak jarak,karena sudah ada obat obat yang bisa menginduksi persalinan dan lebih aman.

Bagi anda yang ingin mengetahui beberapa efek samping minyak jarak apabila digunakan untuk menginduksi persalinan, berikut adalah beberapa diantaranya.

A.      Lemah dan dehidrasi

Biasanya setelah mengkonsumsi minyak jarak seorang ibu bisa mengalami kram dan menjadi lemah. Selain itu, biasanya mereka juga akan sering BAB. Berapa kerugian akibat sering buang air besar tersebut salah satunya adalah ibu tersebut akan kehilangan banyak cairan dari dalam tubuhnya sehingga mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi kesehatan yang sangat merugikan untuk ibu dan bayi.

B.       Menyebabkan kram dan nyeri

Minyak jarak atau disebut minyak castor dapat menyebabkan iritasi pada perut. Iritasi tersebut menyebabkan rasa sakit yang sangat berat dan kemudian menyebabkan kram.

Baca Juga:  Mengapa Ibu Hamil Wajib Menghindari Pertengkaran?

C.      Muntah-muntah

Efek lain apabila seorang ibu hamil mengkonsumsi minyak castor, dapat menyebabkan ibu muntah-muntah dan berkontribusi menyebabkan dehidrasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, minyak ini juga dapat menyebabkan masalah anestesi selama proses persalinan.

D.      Komplikasi selama proses persalinan

Mengkonsumsi minyak ini juga tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan bayi dalam kondisi gawat atau terganggu sebelum persalinan dan selama proses persalinan. Minyak jarak mengakibatkan kadar oksigen menurun dan dapat mengakibatkan kematian janin.

E.       Mekonium

Penggunaan minyak jarak juga dapat menyebabkan bayi membuang tinja yang disebut mekonium selama proses persalinan berlangsung. Mekonium apabila tertelan dapat membahayakan bayi sehingga sangat tidak dianjurkan. Jadi, setelah melihat beberapa poin tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa minyak jarak tidak dianjurkan untuk digunakan menginduksi persalinan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.