Apakah Kita Membutuhkan Rencana Bersalin?

Apakah Kita Membutuhkan Rencana Bersalin? – Pada beberapa dekade belakangan ini ilmu kedokteran, terutama yang berkaitan dengan persalinan berkembang dengan sangat pesat. Pada dekade-dekade sebelumnya mungkin kita tidak pernah mendengar orang-orang membahas mengenai rencana persalinan mereka. Namun saat ini, rencana persalinan sudah mulai dibahas dan masuk ke dalam agenda yang harus dipersiapkan.

list

Mungkin sebagian besar orang-orang disekitar anda yang hamil tidak memiliki rencana melahirkan. Mereka mungkin akan menentukan tempatnya namun tidak lebih spesifik daripada itu. Melahirkan atau proses persalinan sebenarnya bukanlah darurat medis karena bisa kita rencanakan.

Lalu apakah kita membutuhkan perencanaan melahirkan? Dan apa keuntungannya bagi kita? Sebenarnya, merencanakan segala sesuatu akan memberikan hasil yang lebih baik dan minimal mendekati apa yang kita inginkan. Begitu juga dengan merencanakan proses persalinan, ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Menghemat waktu

Ketika anda sudah sampai di rumah sakit, anda kemungkinan besar sudah masuk ke proses persalinan. Disamping anda yang sedang berjuang, suami dan keluarga anda mungkin sedang harap-harap cemas memikirkan keadaan anda. Dengan merencanakan kehamilan, segala sesuatunya akan terorganisir karena anda, keluarga maupun suami sudah mengetahui apa saja yang akan dilakukan. Dengan begitu, waktu yang anda habiskan di rumah sakit akan lebih sedikit dibandingkan apabila anda tidak merencanakannya terlebih dahulu.

Informasi standar

Jika anda merencanakan kehamilan, kemungkinan besar dokter juga akan mengetahui preferensi anda sehingga mereka lebih bisa memposisikan diri untuk membantu anda selama persalinan. Dengan adanya rencana persalinan akan membuat staf medis bisa mengetahui apa saja yang anda inginkan.

Persiapan lebih baik

Bagi beberapa wanita, biasanya mereka mungkin ingin menyimpan tali pusat atau ingin melakukan persalinan dengan metode water birth atau yang lainnya, semua itu bisa dipersiapkan terlebih dahulu sehingga tidak mendadak.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Anak Kecil Yang Susah Makan

Disamping beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan saat merencanakan kelahiran tersebut, anda juga sebenarnya memiliki kesempatan untuk memilih tidak merencanakan kelahiran sama sekali. Berikut adalah alasan mengapa anda juga tidak harus merencanakan proses bersalin.

Berubah pikiran

Jika anda memutuskan untuk melahirkan secara normal tanpa bantuan obat-obatan, kemudian ditengah jalan anda merasa kesakitan dan tidak tahan, anda bisa saja meminta epidural kepada tim persalinan.

Darurat medis

Pada situasi tertentu, misalnya melahirkan di rumah sakit umum, kadangkala berbagai rencana yang kita buat tidak akan berjalan seperti yang kita harapkan. Misalnya, jika persalinan anda maju atau lebih cepat kemungkinan besar anda membutuhkan suntikan oksitosin. Selain itu, jika anda memiliki masalah dengan pelebaran serviks, kemungkinan besar dokter akan menyarankan operasi caesar itulah sebabnya mengapa rencana yang anda buat sebelumnya bisa jadi kacau balau. Sehingga, mungkin saja anda tidak membutuhkan rencana apapun untuk bersalin.

Realita

Pada kenyataannya, setiap kelahiran atau persalinan sangat sulit ditebak waktunya. Oleh sebab itu, beberapa rencana terkadang tidak berjalan dengan baik karena situasi dan kondisi selalu berubah-ubah.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.