Apakah Aman Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan yang Dijual di Pinggir Jalan?

Apakah Aman Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan yang Dijual di Pinggir Jalan?- Makanan sehat adalah syarat utama untuk bisa memiliki kehamilan yang sehat dan terhindar dari komplikasi. Kebutuhan makanan sehat meningkat dua kali lipat pada saat seorang wanita hamil. Setidaknya anda harus menyediakan semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi dan perkembangannya di dalam rahim. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga harus bisa membantu ibu meningkatkan imun tubuh agar bisa bertahan dari berbagai macam penyakit.

makanan-pinggir-jalan-bangkok

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu adalah satu-satunya sumber gizi bagi janin di dalam rahim. Dan anda sepenuhnya bertanggung jawab pada hal tersebut. Bila anda sedang hamil, adalah sesuatu yang wajar apabila anda mendambakan makanan-makanan lezat yang terkadang anda temukan di jual di pinggir jalan. Tapi, anda harus sedikit lebih selektif dalam memilih makanan yang dijual di sana karena beberapa makanan tersebut tidak ditutup, mudah terkontaminasi oleh berbagai kuman dan bakteri, dan tentu saja terkadang kotor karena debu jalanan.

Makanan yang dijual di pinggir jalan biasanya bertujuan sebagai makanan komersil yang dapat meningkatkan bisnis. Jadi tidak heran apabila banyak makanan-makanan tersebut menggunakan pengawet, pewarna dan penambah cita rasa.

Kimia berbahaya bisa menyebabkan masalah kesehatan serius pada ibu hamil dan bayi. Jadi, apabila anda tidak yakin dengan makanan yang dijual dipinggir jalan, pastikan anda menunda keinginan tersebut.

Tidak ada yang melarang kepada siapapun untuk mengkonsumsi makanan yang dijual dipinggir jalan, akan tetapi pastikan anda memprioritaskan kesehatan terlebih dahulu.

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa makanan yang dimasak sendiri di rumah dan di konsumsi akan membuat hidup 10 tahun lebih panjang dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang ada di warung-warung atau di restoran karena hal tersebut sangat berbeda perlakuannya, mulai dari bagaimana makanan tersebut diolah, bagaimana kebersihannya dan lain-lain.

Baca Juga:  Apakah Aman Mengkonsumsi Telur Selama Kehamilan?

Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan-makanan di pinggir jalan, beberapa efek berbahaya berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan.

A.      Menyebabkan kegemukan

Setiap ibu hamil pasti mengalami kenaikan berat badan. Akan tetapi jika kenaikan berat badan berlebihan, maka hal tersebut tidak baik. Kenaikan berat badan juga bisa disebabkan karena perubahan hormon.

Makanan yang dijual dipinggir jalan dapat meningkatkan kesempatan ibu hamil mengalami kenaikan berat badan beberapa kali lipat karena adanya bahan pengawet dan kelebihan minyak yang mengandung kolesterol.

B.       Infeksi

Makanan di pinggir jalan juga bisa membuat peluang infeksi lebih besar karena teknik higienis yang mereka terapkan pada masakan berbeda dengan yang anda terapkan di dapur anda. Anda bisa melihat langsung kualitas air yang digunakan untuk memasak, untuk mencuci piring dan lain-lain.

C.      Menyebabkan anak mengalami obesitas

Apabila anda secara teratur mengkonsumsi makanan di pinggir jalan, hal tersebut akan meningkatkan kesempatan bagi bayi anda mengalami obesitas. Ada banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa anak-anak biasanya cenderung mengalami obesitas jika ibunya sering mengkonsumsi makanan berkalori tinggi yang dijual dipinggir jalan.

D.      Diabetes

Wanita hamil juga memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes (diabetes gestasional). Jika anda ragu apakah makanan yang akan anda konsumsi tersebut aman untuk ibu hamil atau tidak, sebaiknya hindarilah makanan-makanan tersebut. Terlebih, jika makanan tersebut terasa sangat manis.

E.       Menyebabkan depresi

Hormon memainkan peranan penting menciptakan masalah depresi selama kehamilan. Dan makanan di pinggir jalan juga mengandung bahan kimia yang dapat meniru hormon tersebut sehingga depresi dan kecemasan lebih mudah dialami oleh ibu hamil.

F.       Komplikasi saat melahirkan

Ini merupakan efek selanjutnya yang sebaiknya diingat oleh setiap ibu hamil. Makanan di pinggir jalan memang terkadang kurang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain poin-poin yang telah disebutkan sebelumnya, asupan makanan dari pinggir jalan biasanya meningkatkan komplikasi selama persalinan terutama karena ukuran bayi yang meningkat dan karena tekanan darah yang membuat persalinan menjadi lebih sulit.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.