Apa Penyebab Kuning pada Bayi yang Baru Lahir dan Penanganannya

Penyebab Kuning pada Bayi yang Baru Lahir dan Penanganannya
Adalah salah satu pokok bahasan yang tidak bisa kita sepelekan. Bagi bunda yang mengalami hal seperti ini sebaiknya perlu waspada. Sekalipun penyakit kuning tidak berbahaya pada bayi yang baru dilahirkan, namun bisa memberikan efek yang dapat merusak otak.  Pada umumnya penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir karena kadar bilirubin dalam tubuh cukup tinggi. apabila kada bilirubin melebihi 5mg/dL, maka dipastikan mata dan kulit bayi berwarna kuning.

Apa Saja Penyebab Kuning pada Bayi yang Baru Lahir dan Penanganannya

Penyebab Kuning pada Bayi yang Baru Lahir dan Penanganannya ini karena bilirubin yang berasal dari pemecahan hemoglobin. Bilirubin akan di proses di dalam hati, menjadi bilirubin yang terkonjugasi dan akan dibuang melalui feses atau urine nantinya.

Apabila bilirubin ini tidak terkonjugasi, menyebabkan balita menjadi kuning. Penyakit ini disebut juga ikterus terjadi pada 3 hingga 4 hari setelah bayi dilahirkan, dan menghilang setelah 1 sampai 2 minggu berlalu. Namun, beberapa kasus tertentu ikterus ini terlihat kurang dari 24 jam setelah kelahiran, karena tingginya kadar bilirubin ini. Keadaan seperti ini disebut hiperbilirubinemia.

Hal Lain Yang Menjadi Penyebab Kuning Pada Bayi Yang Baru Lahir Dan Penanganannya

Pertama Penyebab Kuning pada Bayi yang Baru Lahir dan Penanganannya lainnya yaitu fungsi usus dan hati yang belum sempurna, sehingga menyebabkan bilurubin tidak terkonjugasi dengan sempurna dan tidak dibuang dari dalam tubuh.
Biasanya terjadi pada minggu pertama, hingga minggu ketiga kelahiran si bayi.

Kedua kurangnya asupan makanan, berupa ASI dari sang ibu,

Ketiga Memar, darah beku atau menggumpal biasanya akan dihancurkan oleh tubuh, guna melancarkan peredaran darah.  Hemoglobin inilah yang terpecah dan terserang sehingga banyak menghasilkan bilirubin.

Baca Juga:  7 Makanan Terbaik untuk Anak pada Musim Hujan

Keempat penyakit hemolitik dan

Kelima kekurangan Enzim G6PD.

Penyebab Kuning pada Bayi yang Baru Lahir dan Penanganannya adalah dengan memberi asupan makanan yang cukup pada si kecil. Makanan terbaik untuk si kecil adalah ASI eksklusif.

Dengan seringnya memberikan asupan makanan ini akan membuat feses dan urine lebih lancar, hal ini akan cepat mengeluarkan bilirubin keluar dari dalam tubuh. Selain itu cara mengobati penyakit kuning pada bayi yaitu menjemur si kecil di Sinar matahari pagi untuk membantu memecah bilirubin.

Maksimalnya adalah menjemur bayi selama 10 menit di luar ruangan terkena cahaya matahari. Jangan menjemur si kecil terlalu lama terkena sinar matahari, sehingga menyebabkan kulit bayi terbakar. Penyebab Kuning pada Bayi yang Baru Lahir dan Penanganannya yang tepat akan mengatasi penyakit ikterus ini.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.